Abstract
Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal (dari dalam) dan faktor eksternal (dari luar). Siswa memiliki faktor internal dan eksternal yang berbeda–beda terhadap motivasi belajar kimia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat meningkatkan motivasi belajar kimia pada siswa SMA Kota Jayapura. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni angket, observasi, dan wawancara. Angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 soal, dimana faktor internal 68 soal dan eksternal 32 soal. Observasi dan wawancara digunakan sebagai pelengkap data peneliti, seperti kondisi siswa dan lingkungan sekolah. Hasil analisis penelitian yang diperoleh dari angket menunjukkan bahwa faktor internal siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar terdiri dari sikap, fisik, emosi, bakat, minat, dan intelegensi dengan nilai presentase masing-masing 60,7%, 52,7%, 50,2%, 48,4%, 67,1%, dan 55,4%. Faktor eksternal yang dapat meningkatkan motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura yakni keluarga, Sekolah, dan Masyarakat memiliki nilai presentase yang berbeda-beda yaitu 72,0%, 68,7%, dan 66,3%.
Keywords
Faktor Internal, Faktor Eksternal, Motivasi Belajar
References
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Ilmu Kimia.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi 1, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamanah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irham, Muhamad. Wiyani, Novan Ardy. (2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Apilkasi dalam Proses Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purba, Michael. (2007). Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.