ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON

Catur Fathonah Djarwo

Abstract


Penelitian tentang analisis miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Cenderawasih pada materi Hidrokarbon bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman (paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi) serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 24 Mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal tes diagnosis sebanyak 68 soal yang dilengkapi dengan pemberian alasan dan wawancara. Hasil analisis yang diperoleh yaitu 1) Mahasiswa semester 1 Pendidikan Kimia yang paham konsep 12,25%, miskonsepsi 26,72%, dan tidak paham konsep 61,03%. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi mahasiswa semester 1 Pendidikan Kimia pada materi hidrokarbon adalah kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki mahasiswa, minat belajar kimia mahasiswa yang rendah dan pengaruh  dari mahasiswa lain. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu penekanan pemahaman konsep dan penanggulangan miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa sehingga tidak terjadi miskonsepsi yang berkelanjutan.


Keywords


Miskonsepsi, Tingkat Keyakinan Jawaban, Hidrokarbon.

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dahar, R., Wilis. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Mahmudah, R. (2013). Indentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Konsep Suhu dan Kolor dengan Menggunakan Peta Konsep dan Wawancara. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Poerwadarminta, W. J. S. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Kashiko Publisher.

Puri, W. (2013). Penerapan Metode Investigasi pada Pembelajaran Materi Larutan Penyangga untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sabli, D. (2009). Analisis Miskonsepsi Siswa Madrasah Aliyah (MA) Kelas X PADA Subkonsep Pencemaran Lingkungan. Skripsi Sarjan FMIPA UPI Bandung: Diterbitkan.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suyanti, M. (2010). Miskonsepsi Siswa kelas X di SMA pada Materi Stoikiometri Tahun Ajaran 2009/2010. Jakarta: Universitas sebelas Maret.

Tayubi., Yuyu, R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). 3. XXIV. Mimbar Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram