DESAIN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJARGEOGRAFI LINGKUNGAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Agus Herianto, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis situasi dan kondisi empiris pembelajaran geografi lingkungan pada Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UM Mataram dan Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong; 2) menemukan model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata kuliah geografi lingkungan. Adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah buku ajar geografi lingkungan berbasis konstruktivis dengan model pembelajaran cooperatif learning. Pengembangan bahan ajar melalui model pembelajaran konstuktivis merupakan altertanif yang sangat efektif dalam menigkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi pada mata kuliah geografi lingkungan karena selama ini pembelajaran yang berlangsung didominasi oleh dosen (sentralistik) tanpa memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mahasiswa untuk mengeksplor kemampuannya. Berdasarkan penelitian pengembangan yang dilakukan, maka produk penelitin yang dihasilkan berupa buku ajar geografi lingkungan berbasis konstruktivis dengan model pembelajaran cooperatif learning ini layak untuk digunakan oleh dosen geografi lingkungan untuk meningkatkan kualiatas proses pembeljaran hal ini didasari oleh: 1) penilaian produk yang telah dilakukan oleh para ahli baik ahli isi, ahli bahasa, maupun ahli desain dengan nilai baik; 2) tanggapan atau penilaian yang dilakukan oleh mahasiswa program studi pendidikan geografi dan dosen geografi lingkungan dengan kategori baik dan 3) hasil uji coba terbatas dan uji coba lebih luas yang menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar yang cukup signifikan hal ini bisa dilihat dari nilai pretes dan postes yang diperoleh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam perbaikan mutu pembelajaran geografi lingkungan.


Keywords


Model Pembelajaran, Cooperatif Learning, Proses Belajar Mengajar, dan Geografi Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Astuti, Utami Widi. 2009. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Makalah.

Borg, Walter R., and Gall, Meredith D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Panduan Pengembangan IPS Terpadu. Jakarta: Depdiknas. 2005.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandhng: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Hermawan, Maman. 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis.

Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology: Theory and Practise. Fourth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N S. 2005. Landasan Psikologis Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumardi.2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Kencana.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram