MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Subakti Subakti

Abstract


Permasalah penelitian ini ialah masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga yang salah satunya di pengaruhi oleh minat dan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Banyak faktor yang kemudian menjadi pemicu tinggi dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar yaitu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti matapelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMKN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Multimedia berjumlah 17 siswa. Adapun metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi populasi, dengan mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner/angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah secara deskriptif dengan menggunakan rumus presentase yang kemudian dikonfersikan kedalam penelitian acuan patokan (PAP) tetang memotivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMKN 3 Kota Bima tahun pelajaran 2014-205. Hasil analisis data berdasarkan hasil rekapitulasi data angket tentang motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Diperoleh hasil presentasi sebesar 73,33 % dengan ketentuan penilaian acuan patokan (PAP) 50-74% yang termasuk dalam kategori  “Sedang”. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMKN 3 Kota Bima tahun pelajaran 2014-2015 adalah 73,33% dengan kreteria PAP “Sedang”.


Keywords


Motivasi, Pendidikan Jasmani Olahrga dan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A Gede 2005, “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Singaraja : IKIP Singaraja

Ali maksum, A.2005. Olahraga membentuk karakter. Fakta atau Mitos.Jurnal Ordil, edisi april vol. 3, No. 1/2005

Arikunto Suharsimi, 2000. “Manajemen Penelitian”. PT Rineka Cipta: Jakarta

Arikunto Suharsimi, 2005. “Manajemen Penelitian”. PT Rineka: Cipta Jakarta

Arikunto Suharsimi, 1987. “Prosedur Penelitian”. Jakarta:Bina Aksara

Dwiloka Bambang dan Rati Riana, 2005. “Teknik Menulis Karya Ilmiah”. PT Rineka Cipta: Jakarta

Fardi Adnan, 2007. “Pengembangan Instrumen Motivasi Atlet”. Wineka Media: Malang

Maniyani Agustinus MD, 2009. “Wawasan Pembelajaran”. Malang: Wineka Media:

Moleong, 2000. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

N. Reksoatmojo Tejo, 2007. “Statistika Untuk Psikologi dan Pendidikan”. Revika Aditama: Bandung

Sardiman, A.M, 2011. “Interaksi dan Motovasi Belajar-Mengajar”. Jakarta: Rajawali Pers.

Soeharto Kartini, 2003. “Teknologi Pembelajaran”. Surabaya Intellectual Club: Surabaya

Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian Administrasi”. Bandung: CV Alfabeta

Suryabrata Sumadi, 2004. “Metodologi Penelitian” PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Husaini.U & Akbar Setiady, Purnomo. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram