RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA TERHADAP PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN KEPARIWISATAAN MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI MOBILE

Angelia Apliana Golu, Dewi Yuliatin, Marlince Inna, Yusran Khery

Abstract


Penggunaan teknologi informasi berbasis internet pada komputer dalam jaringan informasi yang dipelajari melalui teknologi seluler, aplikasi berbasis seluler lebih mudah menggunakan materi yang diberikan oleh dosen, keberadaan teknologi pembelajaran bergerak menjadi penghubung antara mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran , dengan teknologi seluler menjadi alternatif baru dalam menyediakan konten pembelajaran / item yang lebih inovatif dan dinamis.Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan literasi sains dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang berbasis kearifan lokal dan kepariwisataan yang akan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja menggunakan media portabel seperti smartphone. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan memotivasi siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan teknologi.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi langsung dan  angket. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang berkaitan dengan kuesioner dengan melihat kelayakan media pembelajaran seluler yang berisi indikator yang relevandan data kuantitatif untuk menentukan hasilefektifitasmobile learning yang berbasis kearifan lokal dan kepariwisataandalam meningkatkan kemampuan kognitif kimia mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan kimia semester III Universitas Pendidikan Mandalika Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif untuk hasil belajar mahasiswa. Hasil penilaian berupa rerata tentang validasi untuk menentukanlayak atau tidaknya bahan media mobile learning. Hasil yang diperoleh: (1) Telah diperoleh susunan urutan materi/sub materi pada media mobile learning telah layak dan sesuai dengan Kurikulum (2) Terdapat hasil yang dignifikan peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa dengan implementasi mobile learning yang berbasis kearifan lokal dan kepariwisataan


Keywords


Mobile Learning, Kearifan Lokal, Kognitif Kimia

Full Text:

PDF

References


Chuang, Y. T., 2014. “Increasing Learning Motivation and Student Engagement through the Technology-Supported Learning Environment”. Creative Education, 5, 1969-1978.

Hess, S. 2014., “Digital Media and Student Learning: Impact of Electronic Books on Motivation and Achievement”. New England Reading Associatiion Journal, 49 (2), 35-39.

Irwanto, Irwanto. "Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Kimia SMA." Holistik 2.1 (2017): 81-87.

Martono, K.T. and Nurhayati, O.D., 2014. “Implementation of Android Based Mobile Learning

Marpaung, Ricard Fredrik. "Implementasi Mobile Learning Dengan Model Advance Organizer Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Mahasiswa." PeTeKa 1.3 (2018): 171-178.

Sarrab, M., Elgamel, L., and Aldabbas, H. 2012., “Mobile Learning (M-Learning) and Educational

Yuniati, L. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika Yang Menyenangkan. JP2F 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram