RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP GAGASAN PEMBELAJARAN MOBILE BERBASIS KEPARIWISATAAN DAN KEARIFAN LOKAL NTB

Fikrian Fikrian, Maeni Maeni, Mila Ulfanita, Yusran Khery

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terkait dengan pembelajaran bebasis kearifan lokal dan kepariwisataan.Subjek penelitian terdiri dari 23 orang mahasiswa program studi pendidikan fisika UNDIKMA  TA. 2019-2020 yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data Pemahaman tentang Pembelajaran Mobile Berbasis Kepariwisataan dan Kearifan Lokal NTB diperoleh menggunakan angket pemahaman Pembelajaran Mobile Berbasis Kepariwisataan dan Kearifan Lokal NTB. pada angket Pemahaman mahasiswa pada setiap aspek Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Kepariwisataan, nilai rata-rata yang diperoleh pada seluruh aspek (36,2) dengan kategori kurang baik, nilai rata-rata pada aspek kepariwisataan sebesar 219,6 dan pada kearifan lokal sebesar 213, sehingga dari data tersebut dapat dapat diketahui bahwa pemahaman mahasiswa Pendidikan Fisika tentang kepariwisataan lebih tinggi daripada pemahaman tentang kearifan lokal. Pada angket Pemahaman Mahasiswa pada pemanfaatan teknologi mobile dalam pembelajaran, rata-rata yang diperoleh sebesar (56) dengan kategori cukup baik. Pada angket Respon mahasiswa terhadap pembelajaran mobile berbasis keaifan lokal dan kepariwisataan pada matakuliah-matakuliah MIPA, rata-rata yang diperoleh sebesar (66,5) dengan kategori baik. Sehingga dari data-data tersebut perlu ditingkatkan lagi pembelajaran mobile berbasis kepariwisataan dan kearifan lokal  NTB karena respon mahasiswa cukup tinggi terkait dengan pembelajaran mobile berbasis keaifan lokal dan kepariwisataan pada matakuliah-matakuliah MIPA.

Keywords


Mobile Learning, Kepariwisataan, Kearifan Lokal.

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017).Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Degeng, I. N. S. 2002.Kerangka Perkuliahan dan Bahan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hadi, K., Dazrullisa, D., Manurung, B., & Hasruddin, H. (2019). Analisis Daya Beda Soal Tes Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Khatimah, H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2018). Pengembangan Lks Berbasis Kearifan Lokal Untuk Peningkatan Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 143-151

Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga).

Musahrain, M., Suryani, N., & Suharno, S. (2017, March). Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran.In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Nglimun, Liadi, F. & Aswan. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Banjarmasin: Pustaka Banua

Prasetyo, Z. K. 2013 Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding : seminar nasional fisika dan pendidikan fisika.

Rahmi, S. A. (2016). Pembangunan Pariwisata Dalam Perspektif Kearifan Lokal. REFORMASI, 6(1).

Rohimah, A., Hariyoko, Y., & Ayodya, B. P. (2018). Kearifan lokal sebagai salah satu model komunikasi pariwisata di desa carangwulung, kabupaten jombang. Jurnal representamen, 4(02).

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Uno, H.B. 2010.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yan Kreatif dan Efektif. Cetakan VI. Jakarta: Bumi Aksa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram