PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMA

Syfaul Gummah, Dwi Sabda Budi Prasetya

Abstract


Pembelajaran abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan dasar, yaitu: kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, serta kemampuan literasi sains. Pembelajaran abad ke-21 harus lebih dari sekedar menjelaskan apa yang dipikirkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap peningkatan kreativitas ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain  postest control group design. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetaui pengaruh model inkuiri terhadap peningkatan kreativitas ilmiah siswa SMA. Keterlaksanaan pembelajaran pada  pertemuan I, II, dan III maka diperoleh kategori sangat baik terbukti dari hasil persentase keterlaksanaan RPP dari 80% meningkat menjadi 92% pada pertemuan kedua, dan pada pertemuan ke tiga juga mengalami peningkatan menjadi 95%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dari pertemuan sebelumnya mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yang ni terdapat pengaruh model pembelajaran., dengan perbedaan rata-rata untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postest siswa adalah 67,5 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postest siswa adalah 52,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas ilmiah siswa dari postest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol.


Keywords


Model Inkuiri, Kreativitas Ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2012). Learning to Teach. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armadani, S. (2015). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMAN 1 Lape Sumbawa Besar. Skripsi : IKIP Mataram.

Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hu, Weiping, China. Adey, Philip. (2002). A scientific creativity test for secondary school students. International Journal of Science Education ISSN 0950–0693 print/ISSN 1464–5289 online. NT. J. SCI. EDUC. VOL. 24, NO. 4, 389–403.Taylor & Francis Ltd DOI: 10.1080/09500690110098912.

Hussain, A., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science.1 (19): 269-276.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram