PENGARUH INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 2 KEDIRI MATARAM

Anna Fitriana, Taufik Samsuri, Bq. Muli Harisanti

Abstract


Rendahnya motivasi belajar siswa yang dikarenakan tidak adanya keinginan belajar siswa, tidak adanya dorongan dalam belajar, tidak adanya lingkungan kondusif yang memungkinkan siswa belajar dengan baik maka akan  berdampak pada nilai yang akan diperoleh oleh peserta didik.Untuk itu perlu adanya strategi pembelajaran yang mampumembangun pengetahuankognitif dan cara belajar mereka dengan membentuk kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan pengaruh integrasi model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitianQuasi Experiment dengan rancangan penelitian posttest-Only Control Design danteknik sampling cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model TTW (Think Talk Write) dan Time Tokenmemotivasi siswa terbukti dengan hasil persentase kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 85%.Data analisis hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggnakan uji-t. Data hasil belajar kognitif siswa  diperoleh menggunakan SPSS 15 dengan nilai hasil perhitungan yang didapatkan nilai sig< pengujian maka Ho diterima atau sebesar 0.04< 0.05 maka dapat simpulkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini ditolak dan Hipotesis nol (Ho) diterima, yang artinya tidak ada pengaruh model pembelajaranTTW (Think Talk Write)danTime Token terhadap hasil belajar kognitif kelas VII SMPN 2Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.


Keywords


Think Talk Write, Time Token, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Murtafi’ah. 2008, Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas II A SMPN 2 Amuntai Utara, Pada Pembelajaran Biologi Smester Genap 20042005 Melalui Strategy Based Students Request.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015,MetodePenelitiandanPengembangan :UntukBidang: Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram