ANALISIS KANDUNGAN MINERAL LOGAM BESI (Fe) BATUAN DI KAWASAN PERTAMBANGAN EMAS DESA BANGKANG KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH DENGANMENGGUNAKAN METODE AAS

Baiq Rina Amalia Safitri, Lalu Muhamad Alfian Ramdani

Abstract


Telah dilakukan penelitian dengan judul: “analisis kandungan mineral logam besi (Fe) batuandikawasan pertambangan emas Desa Bangkangkecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah denganmenggunakan metode AAS”. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untukmenentukan konsentrasi unsur logam besi (Fe) pada sampel batuanyang berada dikawasan pertambangan emas Desa Bangkang Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode Atomic Absorption Spectroskopi (AAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel batuan dikawasan pertambangan emas desa Bangkang Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah memiliki konsentrasi unsur logam besi (Fe) sebesar 0,0249 dari 0,5 gram sampel batuan.

Keywords


Batuan tambang, Mineral logam besi, AAS

Full Text:

PDF

References


Distamben, (1998). Peranan Departemen pertambangan dan Energi DalamPengembangan Peletakan Kerangka Landasan Pengembangan Industri Nasional, Departemen Pertambangan Dan Energi,Jakarta.http://ebookbrowse.com/7a-peranan-departemen-pertambangan-dan-energi-dalam-pengembangan-peletakan-kerangka-landasan-pdfd331413582, 27 maret 2013.

Eviati dan Sulaeman. (2009). Petunjuk Teknis Edisi 2 Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air dan Pupuk. Bogor: Balai Penelitian Tanah.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2010). Alquran dan Tafsirnya. Jilid IX.Jakarta: Lentera

Abadi.

Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Ensiklopedia IPTEK;Ensiklopedia Sains Untuk Pelajar dan Umum. Jakarta: PT Lentera Abadi.

https://tonimpa.wordpress.com/2013/04/25/makalah-atomic-absorption-spectroscopy-aas (Diakses pada tgl 15 Juli 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram