PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DENGAN APLIKASI MAKROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Bq Azmi Sukroyanti, Wirawan putrayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan  Media Animasi Dengan  Aplikasi Makromedia Flash Pada Materi momentum dan impuls, (2) Mengetahui peningkatkan keterampilan berpikir kritis Mahasiswa dengan  media animasi yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model  4-D, yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk (1974). Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Variabel dalam  penelitian ini ada 2 yakni Variabel bebas dan  terikat, Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media animasi dengan aplikasi makromedia flash. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis. Dalam  penelitian  ini data dikumpulkan dengan angket  dan Tes. Angket digunakan untuk mengukur indikator program yang berkenaan dengan, isi program media pembelajaran, tampilan program dan kualitas teknis program.  Angket menggunakan format respon empat point dari skala likert, dimana alternatif  responnya adalah sangat valid (4 point), valid (3 point), kurang valid (2 point) dan tidak valid (1 point). Sedangkan Tes digunakan untuk mengetahui keterempilan berbikir kritis  mahasiswa setelah  belajar menggunakan media animasi. materi momentum dan impuls, Berdasarkan hasil pengamatan dari 4 aspek yang diamati oleh dua orang observer, diperoleh nilai rata-rata dari keseluruhan subjek keterlaksanaan pembelajaran dengan media adalah 2,25 yang dikategorikan baik. Artinya, mahasiswa dapat mengembangkan tingkat berpikir kritisnya dengan bantuan media pembelajaran.


Keywords


Makromedia Flash, Keterampilan Berpikir Kritis

References


Cahyadi, Dede. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Wujud Zat dan Perubahannya Kelas VII SMP N 5 Satu Atap Bumijawa, Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Ginanjar, Anton. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanik, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hamdani Dkk. 2012. Pengaruh model pembelajaran generative dengan menggunakan alat praga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol. X No 1

Holiwarni, Betty. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantukan Komputer (Computer Assisted Instruction/CIA) UNTUK Pembelajaran Kimia Sma, Jurnal Sorot Vol 9 No 1 April Hal 1 –12, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematik. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurnal

Rahman, Arief. 2010. Perancangan media pembelajaran fisika berbasi animasi komputer untuk sekolah menengah atas pokok bahasan hukum newton tentang gerak, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Sakti Dkk. 2012. Pengaruh model pembalajaran langsung (direct instruction) Melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap Minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di sma plus Negeri 7 kota Bengkulu. Jurnal Exacta, ISSN 1412-3617

Widyoko, Eko Putro. 2012. Tehnik Penyususnan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram