PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGANTEKNIK EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIFSISWA KELAS VIII SMPN 3 BATUKLIANG UTARA

Lia Andriani, Taufik Samsuri

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran biologi dikelas VIIIB SMPN 3 Batukliang Utara tahun pelajaran 2016/2017 mengalami permasalahan yaitu disebabkan karena proses pembelajaran tidak berjalan efektif karena penggunaan model mengajar dan media pembelajaran yang tidak efektif. Tujuan penelitianiniuntukmengetahuipengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Teknik Example Non Exampleterhadap aktivitas danhasilbelajarkognitifsiswa Pada Materi Pokok Berbagai Sistem dalam Kehidupan Manusia Kelas VIII SMPN 3 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dan tes. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes serta data aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, untuk rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 2,9 yang termasuk kategori cukup aktif, sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 3,5 dengan kategori aktif. HasilPost-testbelajarkognitifsiswamemperolehnilai rata-rata padakelaseksperimenyaitu 85,8 dankelas control yaitu 80 . Analisisuji-t padatarafsignifikan 5%analisishasilbelajardiperolehthitungsebesar 3,12sedangkannilaittabeldengandk 54 sebesar 2,05. Berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,12>2,05).Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruh model pembelajaranReciprocal Teaching dengan Teknik Example Non Exampleterhadaphasilbelajarkognitif siswa.


Keywords


Model pembelajaran Reciprocal Teaching, Example Non Example, AktivitasdanHasilBelajar KognitifSiswa

Full Text:

PDF

References


Alfianti, dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Reciprocal Teaching Dengan Teknik Example Non Example Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fkip Universitas jember

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rieneka Cipta. Jakarta.

Djamarah, S. B. 2008. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edutif dan pendekatan Teoritis Psikologis. Rieneka Cipta. Jakarta.

Emzir. 2010. Metodologi Pendekatan Pendidikan.Jakarta : PT.RajaGrafindo persada.

Fajar, T.A.dkk. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal TeachingPengajaran Terbalik) Untuk Mencapai KetuntasanBelajar. Jurnal Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya.

Hadi, M. I. 2012. Pengaruh Kombinasi Metode Pembelajaran Example Non Example dan Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jonggat Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi S1 FPMIPA IKIP mataram.

Hunaepi. 2015. Telaah Kurukulum. FPMIPA IKIP mataram.

Larasanti, F. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Garis dan Sudut Kelas VII C SMPN 3 Kopang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi S1 FPMIPA IKIP Mataram.

Sugiyono. 2010. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk penelitian. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D. 2012. Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Yang Dilengkapi Hand-Out Untuk Meningkatkan Minat Baca Materi Biologi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 04 Narmada Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi S1 FPMIPA IKIP mataram.

Tatang, S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroriental Kontruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram