PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LOMBOK TIMUR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Budiningsih, A. 2005. Metode Pembelajaran Konstruktivitistik. Penerbit Phibeta, Jakarta.
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorgansasi Isi dengan Model Kolaborasi. Penerbit IKIP, Malang.
Degeng, Nyoman, S., 2000, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bahan Penaaran Applied Approach, Malang: LP3UM.
Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dirjen PMPTK, Jakarta
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dirjen PMPTK, Jakarta.
Depdiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Laksana Mandiri, Jakarta.
Dirjen Dikdasmen. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Penataran untuk Instruktur. PPPG IPS dan PMP, Malang
Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Bagian I, II, III. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Dirjen PMPTK. 2007. Sosialisasi KTSP, Pembelajaran Siswa Aktif. Dirjen PMPTK, Jakarta.
Ibrahim, M., dkk. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Penerbit Universitas Negeri Surabaya.
Mustaji & Sugiarso, 2005, Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik. Penerbit Unesa University Press.,Surabaya
Nur, M. & Wikandari ,P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Peserta Didik Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Unesa Universiity Press, Surabaya.
Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Unesa University Press, Surabaya.
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Universitas Negeri, Malang.
Riyanto, M. 2000. Pendekatan dan Metode Pembelajaran. PPPG IPS dan PMP Malang, Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram