PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LOMBOK TIMUR

Muksin Muksin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan  hasil belajar siswa melalui model pembelajaran `konstruktivisme, jenis penelitian ini yaitu penelitian tindaklan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapanya itu perencanaan, pelaksanaan, tindakan evaluasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata minat belajar siswa yaitu 42.23 dengan kategori rendah sedangkan pada siklus II nilai rata-rata minat belajar siswa 49.58 dengan kategori cukup. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 33.33% dengan kategori tidak tuntas dan pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 85.71% dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Keywords


model pembelajaran konstruktivisme, minat dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara, Jakarta

Budiningsih, A. 2005. Metode Pembelajaran Konstruktivitistik. Penerbit Phibeta, Jakarta.

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorgansasi Isi dengan Model Kolaborasi. Penerbit IKIP, Malang.

Degeng, Nyoman, S., 2000, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bahan Penaaran Applied Approach, Malang: LP3UM.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dirjen PMPTK, Jakarta

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dirjen PMPTK, Jakarta.

Depdiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Laksana Mandiri, Jakarta.

Dirjen Dikdasmen. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Penataran untuk Instruktur. PPPG IPS dan PMP, Malang

Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Bagian I, II, III. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Dirjen PMPTK. 2007. Sosialisasi KTSP, Pembelajaran Siswa Aktif. Dirjen PMPTK, Jakarta.

Ibrahim, M., dkk. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Penerbit Universitas Negeri Surabaya.

Mustaji & Sugiarso, 2005, Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik. Penerbit Unesa University Press.,Surabaya

Nur, M. & Wikandari ,P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Peserta Didik Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Unesa Universiity Press, Surabaya.

Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Unesa University Press, Surabaya.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Universitas Negeri, Malang.

Riyanto, M. 2000. Pendekatan dan Metode Pembelajaran. PPPG IPS dan PMP Malang, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram