MENENTUKAN JUMLAH KANDUNGAN UNSUR MINERAL LOGAM KALIUM (K) DALAM BATUAN TAMBANG DI DESA BANGKANG KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH DENGAN METODE AAS

Baiq Rina Amalia Safitri, Muh Arafatir Aljarwi

Abstract


Batuan merupakan benda padat yang tersusun secara alami yang tersusun dari mineral atau mineralaoid. Unsur unsur ini tersusun menjadi satu kesatuan sehingga dalam batu tidak hanya terdapat satu unsur saja melainkan banyak unsur yang terkandung di dalam batuan , batuan batuan ini terbagi menjadi tiga bagian yang dibedakan berdasarkan proses pembentukan nya yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf dalam ketiga jenis batuan ini terdapat unsur kalium. Kalium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19, dalam tabel periodik, kalium adalah salah satu logam alkali, lunak, berwarna putih keperakan yang teroksidasi dengan cepat di udara dan bereaksi hebat dengan air, dalam menenentukan hasil unsur (K) kalium yang ada di dalam batu tidak bisa langsung menguji nya dangan sampel batu saja, terus mandapatkan hasil, namun dalam hal ini kami harus meleburkan sampel batu tersebut sehingga membentuk leburan kecil-kecil seperti tanah, sehingga dapat diuji dengan menggunakan methode tanah, dari hasil pengujian sampel ( batu yang sudah dihaluskan ) dengan menggunakan AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer) untuk mencari berapa persen kandungan K ( kalium) yang ada di dalam sampel bahwa di dapat hasil kandungan K (kalium ) yaitu 0,0014 % untuk 0,5 gram sampel.

Keywords


sampel( batuan ), logam alkali, kalium, AAS

Full Text:

PDF

References


DISTAMBEN, 1998, Peranan Departemen pertambangan dan Energi Dalam Pengembangan Peletakan Kerangka Landasan Pengembangan Industri Nasional, Departemen Pertambangan Dan Energi, Jakarta. http://ebookbrowse.com/7a-peranan- departemen-pertambangan dan-energi-dalam pengembangan-peletakan-kerangka-landasan pdf d331413582, 27 maret 2013.

Eviati dan Sulaeman. 2009. Petunjuk Teknis Edisi 2 Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air dan Pupuk. Bogor: Balai Penelitian Tanah.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/kalium (diaksese pada hari senin tanggal 9 juli 2018)

https://id.m.wikipedia.org/wiki/batuan_metamorf ( di akses pada Hari senin tanggal 25 juni 2018 )

Munir, M. 1995. Geologi dan Mineralogi Tanah. Jakarta: Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram