MANAJEMEN USER DAN BANDWIDTH PADA HOTSPOT LABORATORIUM SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH MENGGUNAKAN MIKROTIK

Muhammad Fauzi Zulkarnaen, Hendri Eka Hendrayani

Abstract


Manajemen Bandwidth saat ini sangat diperlukan. Penggunaan bandnwidth dapat mengatur lalulintas data dalam waktu yang cepat dan efesien. Penelitian ini berupaya membedah masalah-masalah dalam akses internet agar    user lebih mudah mengakses internet. Fokus penelitian ini adalah router yang akan dibangun di SMK Negeri 2 Praya Tengah dengan sistem operasi Mikrotik yang dimaksudkan untuk memanajemen bandwidth dan mengkonfigurasi hotspot yang ada di SMK Negeri 2 Praya Tengah sesuai dengan kebutuhan internet di masing – masing user pengguna hotspot.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengembangan PPDIOO yang merupakan metode pengembangan jaringan yang memberikan langkah – langkah kunci dalam keberhasilan  perancangan jaringan dan dapat mengarahkan infrastruktur untuk beradaptasi pada aplikasi – aplikasi apa  saja yang dibutuhkan oleh suatu jaringan. Penggunaan manajemen  bandwidth dan user dengan penambahan  router mikrotik, maka koneksi internet menjadi lancar karena bandwidth yang dimiliki SMK Negeri 2 Praya tengah telah dibagi ke masing-masing user atau client sesuai dengan kebutuhan bandwidth yang dibutuhkan  masing-masing user pengguna hotspot


Keywords


internet manajemen bandwidth, mikrotik, hotspot.

Full Text:

PDF

References


Anam, K., 2010,” Manajemen Bandwidth menggunakan Router Mikrotik di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pekalongan”, Tugas Akhir Manajemen Informatika STMIK Widya Pratama, Pekalongan.

, Membangun Jaringan Internet dan Manajemen Bandwidth Berbasis Mikrotik Sebagai Router di SMK Muhammadiyah Wonosari, Sekripsi Teknik Informatika STMIK EL RAHMA, Yogyakarta.

Achmad Syaiful Arba’I, 2013 , “manajemen user dan bandwidth pada hotspot cv. agung touris service menggunakan roter mikrotik” ,tugas akhir sekolah tinggi manajemen informatika dan ilmu komputer ,el rahma , yogyakarta .

Rendra Towidjojo.2012 Mikrotik Kungfu Kitab 1.Yogyakarta:penerbit Jasa Kom

Rendra Towidjojo.2012 Mikrotik Kungfu Kitab 2.Yogyakarta:penerbit Jasa Kom.

Raga Pramudia Wardani, 2014, “Analisis Pemfilteran Aplikasi Menggunakan Mikrotik Pada CV. Diandra Media Persada” Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro

Riadi, Imam 2011, ‘Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi Berbasis Mikrotik’, Jurnal Sistem Informasi Indonesia, Vol.1, No.1.

Taringan, A. 2009. Bikin Gateway Murah Pakai Mikrotik. Penerbit Ilmu Komputer.Yogyakarta. .

https://yaqinov.wordpress.com/2013/10/16/analisis-pieces/ Diakses 24 ‎Januari ‎ ‎2017, ‏‎jam 11:32:32 AM

http://www.nesabamedia.com/pengertian manfaat-dan-macam-macam-jaringan-komputer/ Diakses ‎ ‎17 mei ‎2016, ‏‎2:27:14 PM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram