STUDI REKRUTMEN MANAJEMEN DI PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR KOTA MATARAM

Noor Akhmad, Ali Muhaimin

Abstract


Hasil pemantauan secara langsung program latihan diselenggarakan berdasarkan kajian-kajian yang tidak tentu, terkecuali opini atau pengetahuan lainnya yang tidak teruji secara sistematik dalam sebuah analisis data yang lengkap. Sehingga pelatih dan pengurus mendapat kesulitan dalam menentukan kebijakan program kegiatan yang akan dilakukan pada event berikutnya disamping itu pengurus sering mendapat kesulitan dalam menentukan berapa parameter penduga untuk proses rekruitmen olahragawan PPLP. Tujuan dari penelitian ini; untuk memperoleh data tentang sistem rekrutmen, sistem pembinaan, sistem pelatihan dan pengelolaan dalam PPLP atletik dan pencak silat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah: deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode (purposive sampling). Untuk keabsahan data digunakan data triangulation. Metode pengumpulan data melalui; observasi, wawancara, dan dokumen.Teknik analisis data melalui; (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi data. Hasil Penelitian di Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), sebagai wadah pembinaan olahraga yang di fasilitasi oleh kementrian negara pemuda dan olahraga (MENGPORA) belum terlalu memadai, berbagai komponen SDM penunjang olahraga prestasi yang dimiliki belum terasa optimal baik itu; olahragawan, pelatih, pengurus dan organisasi, wasit. Sedangkan sarana dan prasarana, program latihan, kursus-kursus, penataran serta pelatihan, pendanaan dan dukungan pemerintah belum terasa maksimal. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa prestasi atlet PPLP di Kota Mataram khususnya cabang olahraga, atletik dan pencak silat masih kurang menggembirakan.


Keywords


Studi, Rekrutmen, Manajemen PPLP.

Full Text:

PDF

References


Ad’dien. 2004. Peningkatan Sport Development Indeks (SDI) Daerah Propinsi Sulawesi Selatan & Tenggara (Laporan Penelitian). Makassar Universitas Negeri Makassar.

Adi, Winendra, dkk, 2008. Seri Olahraga Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Dale, 2007. Seni Ilmu Dan Seni Manajemen Kinerja. Jakarta: Elex Media.

Deputi V Bidang Prestasi Dan IPTEK Olahraga. 2008, Referensi Olahraga Prestasi. Jakarta: Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga R.I

Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: pustaka Pelajar

H.B. Sutopo. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Iqbal Hasan. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Lexy J Moleong. 2010. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Mark Guthrie. 2008. Sukses Melatih Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Murdrick, Robert, G dan Ross Joel E. 2010. Information Sistem for Modern Managemen. New Delhi: Preticel Hall Of India.

Razak, Abraham 2003 . “Pelatih Sebagai Profesi” Makassar: Volume 10. Jurnal Sparta.

Saharullah, 2005. Studi TentangManajemenPembinaan Usia Dini Pada Sekolah Sepak Bola MFS 2000 Makassar. Makassar: PPs UNM

Sucipto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Pencak Silat, Konsep & Metode, Jakarta: Depdiknas, Didasmen Bekerjasama Direktorat Jendral Olahraga.

Toho Cholik Mutohir. 2008. Sport Development Indeks. Jakarta: PT Indeks

Widjaya, A.W. 2012. Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram