PENGARUH LATIHAN CROSSFIT DENGAN METODE POST TERHADAP POWER OTOT TUNGKAIPEMAIN BULUTANGKIS PEMULA PB. EKACITA MASBAGIK TAHUN 2017

Lalu Sapta Wijaya K., Aminullah Aminullah, Subakti Subakti

Abstract


Olahragabulutangkismerupakanolahragapermainan yang membutuhkandayatahan, kekuatan, kelincahan, dan power otottungkai yang baik. Sehinggadibutuhkanjenislatihan yang tepatdanepektifdalammeningkatkanperforma para pemainnya. Olahraga yang baru-barumuncul di Indonesia yaitucrossfit yang merupakanjenisolahraga yang menggabungkangerakan-gerakanberbagaiunsurdalamolahragayaitukekuatan, kecepatan, kelincahan, dandayatahan. Olahragacrossfitsangatbaikuntukmeningkatkankomponenkebugaranjasmaniseseorangdenganbentukgerakan-gerakan yang melibatkanseluruhanggotatubuh. Dari latarbelakangtersebutmunculsuatupermasalahan yang nantinyadijadikanrumusanmasalahpenelitianyaitu: apakahadapengaruhlatihancrossfitdengan metode post terhadap power otottungkaipemainbulutangkispemulaPB. Ekacita masbagiktahun 2017?. Tujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniadalahinginmengetahuiefektifatautidaklatihancrossfitdalammeningkatkan power otottungkaipemainbulutangkispemula PB. Ekacita Masbagiktahun 2017. Jenispenelitianiniadalaheksperimendenganmenerapkanbentukperlakuanberupalatihancrossfitdenganmetode post dantesawal (pre-test) dantesakhir (post-test) sebelumdiberikanperlakuancrossfituntukmengetahui power otottungkaipemainbulutangkis PB. EkacitaMasbagiksebelumdansetelahdiberikanperlakuanlatihancrossfitdenganmetode post. Yang menjadisubyekdalampenelitianiniadalahpemainbulutangkisPB. Ekacita masbagik utara yang berjumlah 12 orang, sehinggabisadikatakanpenelitianinitermasukdalamkategoripenelitianpopulasi. Instrument yang digunakanuntukmengetahui power otottungkaipemainyaituvertical jump. Analisa data yang digunakanyaitu t-test sampelsejenis. Hasil penelitian t-hitung = 11.02 pada taraf signifikansi 5% dengan df N - 1 = 2.201, sehingga dapat dikatakan bahwa 11.02 > 2.201. kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan latihan crossfit dengan metode post terhadap peningkatkan power otot tungkai pemain bulutangkis pemula PB. Ekacita tahun 2017.

Keywords


latihancrossfit, power otottungkai, dan permainanbulutangkis.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka cipta. Yogyakarta.

Ismaryati, 2006. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Lubis, J., (2013). Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maksum, Ali. 2009. MetodePenelitiandalamOlahraga. Surabaya: FakultasIlmuKeolahragaan. UniversitasNegeri Surabaya.

Purnama, S. K., 2010. KepelatihanBulutangkis Modern. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tim, 2005.Penetapan Parameter TesPadaPusatPendidikan Dan PelatihanPelajar Dan SekolahKhususOlahragawan. Jakarta: Kementerian Negara Pemuda Dan OlahragaRepublik Indonesia.

Praszetiyo, M. A., 2009. Tingkat KemampuanFleksibilitas Dan DayaTahanJantungBagiPemainBulutangkis Putra PengurusCabangPbsiKabupaten Kendal.http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/download/6608/6305. Diunduhtanggal 7 Mei 2016.

Perdana, R. P.,(Tanpa Tahun) FaktorFisikDominanPenentuPrestasiBermainBulutangkis.Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram