OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Muksin Muksin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan nilai rata-rata mata pelajaran sejarah dengan optimalisasi penggunaan metode didkusi kelompok. Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Sukamulia tahun Pelajaran 2015/2016 Panelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh malalui lembar observasi, sedangkan data rata-rata hasil belajar siswa diperoleh malalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini jika aktivitas siswa barkategori aktif, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dimana persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ≥85% dari jurnlah siswa yang telah mengikuti evaluasi dengan perolehan nilai ketuntasan klasikal baru mencapai 71,42%. Sedangkan nilai rata rata kelas yang dicapai  sebesar 71,62. Pada siklus II ketuntasan klasikalnya 83,33% dan nilai rata-rata kelasnya 74,98. Pada siklus II mengalami peningkatan disbanding siklus I tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal 85%, sehingga perlakuan dilanjutkan ke siklus III dengan hasil ketuntasan klasikal 90,47%, sedangkan nilai rata-rata kelas 81,86 . Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XIPS 2 SMAN 1 Sukamulia tahun Pelajaran 2015/016


Keywords


Metode didkusi kelompok, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Depdikbud, 2013.Buku Pegangan Guru Mata Pelajaran SejarahIndonesia Petunjuk Teknis X. Kemendikbut

Depdikbud, 2013.Buku Pegangan Siswa Mata Pelajaran Sejarahkelas X. Kemendikbut

Depdiknas. 2006. Kumpulan Materi Pembekalan Pengembangan propesi bagi Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan

De Porter, Bobi. 2000. Quantum Teaching ( Terjemahan ) Ary Nilandari ; Bandung : Kaifa

Engkoswara & H. Asikin Jaya Negara. 1993. Laporan Dialog Pendidikan tentang peran dan tanggung jawab Keluarga, Masyarakat, dan Pemerintah dalam Meningkatkan SDM. Jurnal Pendidikan No 9, Jakarta.: Zulkipli Pratama Karya

Haryono. 1995 . Mempelajari Sejarah Secara Efektif . Jakarta : Pustaka Jaya

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik; Penelitian Tindakan ( Action Research ). Bandung : Alfabeta

Kemmis, S dan Mc.Taggart. 1990. The Action Research Planner. 3rd. Ed Victoria, Australia: Deakin University

Poerwadarminto. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Permen Diknas No. 66 Tahun 2013. Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Mendiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram