IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE (PP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR IPSSISWA KELAS VIII CSMP NEGERI 8 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURAINI NURAINI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIIISMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data data informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Maka produser pelaksanaan penelitian ini meliputi : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi dalam setiap siklus.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran strategi aktif tipe picture and picture ternyata dapat meningkatkan partisipasi belajar IPS siswa kelas VIII.C SMP Negeri 8 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil. Dari hasil observasi perencanaan pembelajaran, mengalami peningkatan dari skor 17 atau 60.70% pada siklus I menjadi 20 atau 71.43% pada siklus IIdan 23 atau 82,14 pada siklus III. Meningkatnya kegiatan siswa dalam pembelajaran IPS didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan media gambar, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 22 atau 61,10%, menjadi 26 atau 72,23% pada siklus II dan meningkat menjadi 31 atau 86,12% pada siklus III.  Sehingga dengan implementasi strategi pembelajaran aktif tipe picture and picture (pp) dalam upaya meningkatkan partisipasi belajar IPS kelas VIII.CSMP negeri 8 mataram dapat digunakan”.


Keywords


strategi pembelajaran tipe picture and picture, partisipasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Arif Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Al Muchtar, S. 2002. Analisis Pembaharuan Kurikulum Pendidikan IPS. Makalah pada Seminar Nasional dan Musda I HISPISI Jawa Barat, UPI Bandung, 31 Oktober 2002.

Awan Mutakin.1998. Model Pembelajaran IPS. Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti.

Encos Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhaimin.(2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nana,Sudjana.(2000).PenilaianHasilProsesBelajarMengajar.Bandung:PT.Remaja Rosda Karya.

Slameto, 1995.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: AYrama Widya.

Zakiah Drajat. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

http//www.google.com=search/implementasi(diakses hari senin,3Oktober 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram