PENGARUH CONTEXT-RICH PROBLEMS BERBENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS,SIKAP ILMIAH, DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MAHASISWA

Yusran Khery, Khaeruman Khaeruman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Context-Rich Problems (CRP)yang dibuat dalam bentuk multimedia terhadap keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan pemahaman konsep mahasiswa peserta mata kuliah kimia dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dengan model posttest only control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 142 mahasiswa yang terbagi kedalam 3 kelas, yakni kelas eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan Context-Rich Problems berbentuk multimedia interaktif, kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan Context-Rich Problems konvensional, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar observasi keterampilan proses sains, tes kemampuan proses sains, lembar penilaian portofolio, lembar observasi sikap ilmiah, angket penilaian sikap oleh teman sejawat, dan tes pemahaman konsep. Data dianalisis dengan metode statistik inferensial menggunakan bantuan SPSS 15for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan Context-Rich Problems (CRP) dengan multimedia interaktif berpengaruh terhadap keterampilan proses sains (KPS) dalam materi asam basa. (2) ada pengaruh penerapan Context-Rich Problems (CRP) dengan multimedia interaktif terhadap sikap ilmiah mahasiswa pada setiap kegiatan pembelajaran, (3) tidak ada pengaruh penerapan Context-Rich Problems (CRP) dengan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep mahasiswa.


Keywords


Context-Rich Problems Dengan Multimedia Interaktif, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Enghag, M., 2004. Context-Rich Problems in Physics for Upper Secondary School. Science Education Internasional. Vol.16, No.4, December 2004,pp. 293-302.

Hamdan, A. 2015.Analisis keterampilan proses sains mahasiswa kelas XI pada pembelajaran titrasi asam basa menggunakan metode problem solving. Skripsi. UIN Syarif Hydayatullah. Jakarta.

Herron, J.D. 1996. The Chemistry Classroom. Washington DC: American Chemical Society.

Ibnu, S. 2009. Kaidah Dasar Pembelajaran Sains. Makalah disajikan dalam kuliah Landasan Pendidikan dan Pembelajaran IPA, PPS Universitas Negeri Malang, PSSJ Pendidikan IPA (RSBI), Malang, 18 Mei.

Khery, Y., 2010. Context-Rich Problems dan Pengantar Bilingual untuk Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Larutan, Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 3 Peran Lesson Study dalam Meningkatkan Profesionalitas Pendidik dan Kualitas Pembelajarn Fmipa Universitas Negeri Malang, 9 Oktober 2010 24, Hal. 24-39

Khery, Y., 2013. Kesadaran Metakognitif, Proses Sains, dan Hasil Belajar Kimia Mahasiswa Divergen dan Konvergen dalam PBL. Jurnal Pendidikan Sains.

Mawarsari, AA. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Berpendekatan Inkuiri Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah mahasiswa. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Munadi, Y., 2010. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sardinah, dkk. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah mahasiswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Universitas Serambi Mekah : Jurnal Pendidikan.

Subali, B. 2009. Pengembangan Tes Pengukur Keterampilan Proses Sains Pola Divergen Mata Pelajaran BiologiSMA. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi, Lingkungan dan Pembelajarannya, Jurdik Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 4 Juli, hlm. 581-593.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susiwi, Hinduan, A.A., Liliasari, & Ahmad, S. 2009. Analisis Keterampilan Proses Sains mahasiswa SMA pada “Model Pembelajaran Praktikum D-E-H”. Jurnal Pengajaran MIPA, 14(2): 87-104.

Zidny, R. 2013. Analisa Pemahaman Konsep mahasiswa SMA Kelas X Pada Materi Persamaan Kimia Dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik Serta Hubungannya Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia . 1(1): 28-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram