UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STIK di KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 7 MATARAM

Tri Sari Wijayanti

Abstract


Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, banyak dipengaruhi komponen-komponen belajar mengajar, misalnya bagaimana cara mengorganisasikan materi, metode yang diterapkan dan media yang digunakan, disamping itu hubungan guru dengan siswa di dalam proses belajar mengajar, tapi dalam kenyataannya masih banyak guru di SMA Negeri 7 Mataram dalam mengajar masih menggunakan model pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar dan hasil belajarnyapun tidak dapat dicapai secara maksimal. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Mataram khususnya kelas XI IPA 4, maka perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan menarik, salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran talking stik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi dengan penerapan model pembelajaran talking stik di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Mataram. Subyek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Mataram dengan jumlah siswa 36 siswa, terdiri dari 19 siswa putra dan 17 siswa putri. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa selama proses KBM. Hasil belajar yang diambil meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif berupa test yang diberikan diakhir KBM dengan bentuk jawaban singkat atau isian singkat, hasil belajar aspek psikomotorik dan aspek afektif dengan menggunakan checklist yang diisi oleh observer selama proses KBM berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Aspek kognitif pada siklus I tuntas 22 anak atau 61,1%, siklus II tuntas 31 anak atau 86,1%, jadi ada peningkatan tuntas 9 anak atau 25%. Aspek psikomotorik pada siklus I lulus 19 anak atau 52,8% pada siklus II lulus 29 anak atau 80,6%, ada peningkatan lulus 10 anak atau 27,8%. Aspek afektif pada siklus I kriteria baik dan cukup 20 anak atau 55,6%, siklus II kriteria baik dan cukup32 anak atau 88,9%, jadi ada peningkatan 12 anak atau 33,3%.


Keywords


Hasil Belajar, Talking Stik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S.,2010.ProsedurPenelitian.Jakarta:RinekaCipta.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta : Jakarta

Sadirman. A. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram