INPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILADALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Aminullah Aminullah

Abstract


Menyadari bahwa untuk kelestarian kemampuan dan kesaktian Pancasila itu, perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya oleh setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arti Pancasila sebenarnya dan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila sebagai dasar Negara dan mendasarkan diri pada hakikat nilai kemanusiaan monopluralis maka pertahanan dan keamanan negara harus dikembalikan pada tercapainya harkat dan martabat manusia sebagai pendukung pokok negara.Dasar-dasar kemanusiaan yang beradab merupakan basis moralitas pertahanan dan keamanan negara.Oleh karena itu pertahanan dan keamanan negara harus mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila.Dan akhirnya agar benar-benar negara meletakan pada fungsi yang sebenarnya sebagai suatu negara hukum dan bukannya suatu negara yang berdasarkan atas kekuasaan.


Keywords


Nilai Pancasila dan Kehidupan Bermasyarakat.

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan, Erlangga, Jakarta.

Muhammad Yamin Notonegoro, Ir. Seokarno Berdasarkan Termilogi.

NN. Tanpa Tahun,Pedoman Penghayatan Dan Pengamalan Pancasila, Sekretariat Negara Republik Indonesia Tap MPR No. II/MPR/1987.

Pangeran Alhaj S.T.S Drs., Surya Partia Usman Drs., 1995, Materi Pokok Pendekatan Pancasila, Jakarta; Universitas Terbuka Depdikbud.

http://ridwanaz.com/akademik/kewarganegaraan/mengetahui-arti-atau-pengertian-pancasila/

PutraCenter.net–About Economics, Law, City Planning, and Learn Language Online,http://putracenter.net/2010/04/05/implementasi-pancasila-dalam-kehidupan-berbangsa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram