UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS BAGI PESERTA DIDIK KELAS IXD PADA SEMESTER GANJIL DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK STRATEGI DISCOVERY LEARNING DAN METODE DISKUSI DI SMP NEGERI 2 MATARAM

Marbudiyono Marbudiyono

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dan Metode Diskusi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IXD pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 di SMP Negeri 2 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok dan mampu bersosialisasi dengan teman dalam proses pembelajaran kontekstual di kelas senyatanya, Dan bagi guru dapat meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan strategi Saintifik dan strategi Discovery Learning dalam pembelajaran berkelompok (kooperatif) dengan metode diskusi.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir pada siklus II menunjukkan bahwa hasil obeservasi guru pada pertemuan kedua memperoleh skor 4,57 dan hasil observasi siswa pada pertemuan kedua mencapai skor 4,65. Sedangkan dampak dari peningkatan motivasi belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar peserta didik secara klasikal memperoleh ketuntasan 97,30% dengan skor rata-rata 85,05. Artinya indikator keberhasilan ketuntasan secara klasikal ≥ 85% dengan rata-rata skor ≥ 78 telah terlampaui.

Keywords


Saintifik, Discovery Learning, Metode Diskusi, Motivasi Dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani HM, 2004, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Reneka Cipta

Arikunto. S, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Daniel Muijs & David Reynolds, 2008, Efective Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Harun Rasyid dan Mansur, 2008, Penilaian Hasil Belajar, Bandung: CV Wacana Prima

Melvin L. Silberman, 2009, Active Learning, Bandung: Nuansa

Nurhadi, Yasin B dan Sendule A., 2003, Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2015/2016 Mata Pelajaran IPS, 2014, Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemendikbud.

Permendikbud 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud 104 tahun 2014 tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.

Sardiman, 2007, Indikator dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Supriono, 2009, Cooperative Learninf Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syaiful Sagala, 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram