EVALUASI SIFAT KUANTITATIF KACANG TANAH (Arachis hypogaea.L) HASIL PERSILANGAN ANATARA VARIETAS NASIONAL DENGAN LOKAL BIMA DALAM UPAYA PENYUSUNAN BAHAN AJAR GENETIKA

Mahabatul Uluful Qulub, Sumarjan Sumarjan, Laras Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi sifat kuantitatif kacang tanah (Arachis hypogaea.L) hasil persilangan antara varietas nasional dengan lokal Bima dalam upaya penyusunan bahan ajar genetika.Varietas nasional yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: varietas Sima, Singa, Badak, Banteng, Biawak, Pelanduk, Pantera, Kancil, dan Zebra. Sebagai tetua jantan dalam penelitian ini adalah lokal Bima sedangkan untuk tetua betina adalah sembilan varietas nasional dan akan menghasilkan sembilan macam jenis keturunan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RancanganAcak Lengkap (RAL). Parameter yang diamati antara lain adalah; tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang daun, jumlah polong dan berat biji. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik analisis ragam satu arah dengan bantuan program SPSS versi 16 for windows.Semua parameter yang diamati homogen, sedangkan hasil analisis anova satu jalur pada parameter tinggi tanaman diperoleh nilai Sig. sebesar 0.019, sehingga H0 ditolak. Jumlah daun diperoleh nilai Sig. sebesar 0.185, sehingga H0 diterima. Jumlah cabang daun diperoleh nilai Sig.sebesar 0.185, sehingga H0 diterima. Berat biji diperoleh nilai Sig.sebesar 0.135, sehingga H0 diterima. Dan berat biji diperoleh nilai Sig.sebesar 0.360, sehingga H0 diterima.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut  menunjukkan bahwa hanya parameter tinggi tanaman yang menunjukkan adanya perbedaan yang nyata. Sedangkan pada uji heritabilitas menunjukkan semua komponen parameter yang diamati memiliki nilai heritabilitas dengan kategori rendah yang disebabkan oleh faktor lingkungan lebih berpengaruh dibandingkan faktor genetik. Bahan ajar yang telah disusun memiliki nilai rata-rata 3 dengan kategori baik dan layak untuk digunakan oleh mahasiswa. 


Keywords


Persilangan, Lokal Bima, Varietas Nasional, Bahan Ajar.

Full Text:

PDF

References


Firdaus, L, Ibrahim, M & Rudiana, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Berorientasi Pada Siklus Belajar 5E Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi “Bioscientist” Vol. 2 No. 1, ISSN 2338-5006. Hal. 221-236.

Santosa, B.A.S, Widowati S. Dan D.S. Damardjati. (1993). Teknologi Pengolahan dan Produk Kacang Tanah. Tanpa Penerbit. Tanpa Lokasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram