Review LKPD PBL Berbasis Kearifan Lokal Lombok untuk Mendukung Kurikulum Merdeka pada Materi Koloid

Suryati Suryati, Husnul Hatimah, Sari Apriliana Zohri, Agus Salim

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk melakukan kajian literature terkait Pengembangan LKPD Problem Based Learning berbasis kearifan lokal Lombok untuk kurikulum merdeka pada materi koloid. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi semua artikel yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 21 artikel jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari google scholar. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKPD Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Lombok untuk Mendukung Kurikulum Merdeka pada Materi Koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan generik sains siswa dan terdapat respon positif yang di berikan oleh peserta didik.

Keywords


LKPD Problem Based Learning, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka, Koloid.

Full Text:

PDF

References


Adah, S.A. (2023). Effect of Problem-Based Learning on Acquisition of Creative Thinking Skills among Chemistry Students in Ogoja Education Zone, Cross River State, Nigeria. International Journal of Education and Evaluation.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.

Asmi, A., Silaban, R., & Silaban, S. (2023). Problem Based Learning (PBL) Chemistry E-Module Development for Class X High School Students. Proceedings of the 8th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2023, 19 September 2023, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.

Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi kimia pada aspek kompetensi melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537-540.

Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 39-43.

Abdjul, T., & Katili, N. (2021). siswa mengkonstruksi konsep matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jambura Physics Journal, 3(2), 112-119.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21.

Basit, D. A., Muslim, B., & Saridewi, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 5(1), 75-90.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. Borg & Gall. (1983). Educational Research; An Introduction. London : Longman. Inc.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67

Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78..

Fauziah, N., Suryati, S., & Mashami, R. A. (2016). Pengembangan Modul Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Green Chemistry untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 94-102.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589 Journal, 4(1).

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis kepraktisan pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berorientasi blended learning pada materi asam basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182.

Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54

Kerka, S. (2015). Keterampilan dasar yang berhubungan dengan pekerjaan. Intisari ERIC 24, 31-40

Khery, Y., Indah, D. R., Aini, M., & Nufida, B. A. (2020). Urgensi pengembangan pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal dan kepariwisataan untuk menumbuhkan literasi sains siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 460-474.

Lestari, A., Hairida, H., & Lestari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Dan Basa. Jurnal Zarah, 9(2), 117-124.

Laurentia, I. F., & Pahlevi, T. (2023). Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Ispring Suite 10 pada Elemen 4 Kelas X MPLB di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3873-3884.

Mashami, R. A., & Khaeruman, K. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 85-96.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Maulina, R., Nazar, M., & Hanum, L. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis masalah pada materi koloid di kelas XI SMAN 5 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 4(4).

Norpinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higer Order Thingking Skill (HOTS). Indonesian Jurnal of Science and Matematics Education, 2(2), 168-176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Novita, K., Bare, Y., & Mansur, S. (2022). PENGEMBANGAN LKPD MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS X SMA. Jurnal Biogenerasi, 7(2), 190-200.

Nopriadi, M. N., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2022). Analisis literasi sains peserta didik melalui pendekatan etnopedagogi pada pembelajaran kimia. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 98-102

Nurtanto, M., Fawaid, M., & Sofyan, H. (2020, July). Problem based learning (PBL) in Industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1573, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Pamenang, F.D. (2021). LOCAL WISDOM IN LEARNING AS AN EFFORT TO INCREASE CULTURAL KNOWLEDGE: STUDENTS PERCEPTION AS PROSPECTIVE TEACHERS. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching).

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169-176.

Prayogi, S., & Asy'ari, M. (2021). Problem-Based Learning with Character-Emphasis and Naturalist Intelligence: Examining Students Critical Thinking and Curiosity. International Journal of Instruction, 14(2), 217-232.

Rachman, F. A., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD berbasis berpikir kritis materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada mata pelajaran kimia di SMA. ALKIMIA: Jurnal Ilmu Kimia dan Terapan, 1(1), 16-25.

Rahayu, D., & BUDIYONO, B. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djuniadi, D. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis kearifan lokal Kota Semarang pada materi larutan asam dan basa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 25-38.

Rizki Utari., Yayuk Andayani., Lalu Rudyat Telly Savalas. 2020. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam. Jurnal pijar MIPA. 15 (5) 478-481

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahmayuni, Asep Hery Hernawan, Prihantini. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicdu, 6(4), 6313-6319.

Sutarto, Dwi Hastuti, I., Fuster-Guillén, D., Palacios Garay, J. P., Hernández, R. M., & Namaziandost, E. (2022). The effect of problem-based learning on metacognitive ability in the conjecturing process of junior high school students. Education Research International, 2022, 1-10.

Sarita, R., & Kurniawati, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Keterampilan Generik Sains. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 31-39.

Sudarmin, & Pujiastuti, SE (2015). Ilmu pengetahuan berbasis budaya dan kearifan lokal di Karimunjawa untuk menumbuhkan soft skill konservasi. Jurnal Internasional Sains dan Penelitian, 4(9), 598-604.Susanto, S. (2020). Efektifitas small group discussion dengan model problem based learning dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60.

Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580-590..

Sanova, A., Afrida, A., Bakar, A., & Yuniarccih, H. R. (2021). Pendekatan Etnosains Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga. Jurnal Zarah, 9(2), 105-110.

Safitri, D., Marini, A., Ibrahim, N., & Ibrahim, J. S. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN LKPD DIGITAL BERMUATAN KARAKTER BAGI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA. PROFICIO, 4(2), 149-156.

Ufie, A. (2016). Mengonstruksi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran muatan lokal sebagai upaya memperkokoh kohesi sosial. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 79-89.

Wahyudiati, Dwi (2021) Etnokimia: eksplorasi potensi kearifan lokal sasak sebagai sumber belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5 (2). pp. 102-111. ISSN p-ISSN : 2087-9040 (Print) and e-ISSN : 2613-9537

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157.

Yuliandriati, Y., Susilawati, S., & Rozalinda, R. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi ikatan kimia kelas x. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 105-120.

Yerizon., Arnawa, I. M., Fitriani, N., & Tajudin, N. M. (2022). Constructing Calculus Concepts through Worksheet Based Problem-Based Learning Assisted by GeoGebra Software. HighTech and Innovation Journal, 3(3), 282-296.

Zai, N. F., & Ulianas, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning Untuk Fase E. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24428-24435


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram