Review LKPD PBL Berbasis Kearifan Lokal Lombok untuk Mendukung Kurikulum Merdeka pada Materi Koloid
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adah, S.A. (2023). Effect of Problem-Based Learning on Acquisition of Creative Thinking Skills among Chemistry Students in Ogoja Education Zone, Cross River State, Nigeria. International Journal of Education and Evaluation.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.
Asmi, A., Silaban, R., & Silaban, S. (2023). Problem Based Learning (PBL) Chemistry E-Module Development for Class X High School Students. Proceedings of the 8th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2023, 19 September 2023, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.
Al-Fialistyani, D., Andayani, Y., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2020). Literasi kimia pada aspek kompetensi melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan etnosains. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 537-540.
Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 39-43.
Abdjul, T., & Katili, N. (2021). siswa mengkonstruksi konsep matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jambura Physics Journal, 3(2), 112-119.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21.
Basit, D. A., Muslim, B., & Saridewi, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 5(1), 75-90.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. Borg & Gall. (1983). Educational Research; An Introduction. London : Longman. Inc.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67
Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78..
Fauziah, N., Suryati, S., & Mashami, R. A. (2016). Pengembangan Modul Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Green Chemistry untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 94-102.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589 Journal, 4(1).
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis kepraktisan pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berorientasi blended learning pada materi asam basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182.
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54
Kerka, S. (2015). Keterampilan dasar yang berhubungan dengan pekerjaan. Intisari ERIC 24, 31-40
Khery, Y., Indah, D. R., Aini, M., & Nufida, B. A. (2020). Urgensi pengembangan pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal dan kepariwisataan untuk menumbuhkan literasi sains siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 460-474.
Lestari, A., Hairida, H., & Lestari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Dan Basa. Jurnal Zarah, 9(2), 117-124.
Laurentia, I. F., & Pahlevi, T. (2023). Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Ispring Suite 10 pada Elemen 4 Kelas X MPLB di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3873-3884.
Mashami, R. A., & Khaeruman, K. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 85-96.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.
Maulina, R., Nazar, M., & Hanum, L. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis masalah pada materi koloid di kelas XI SMAN 5 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 4(4).
Norpinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higer Order Thingking Skill (HOTS). Indonesian Jurnal of Science and Matematics Education, 2(2), 168-176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Novita, K., Bare, Y., & Mansur, S. (2022). PENGEMBANGAN LKPD MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS X SMA. Jurnal Biogenerasi, 7(2), 190-200.
Nopriadi, M. N., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2022). Analisis literasi sains peserta didik melalui pendekatan etnopedagogi pada pembelajaran kimia. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 98-102
Nurtanto, M., Fawaid, M., & Sofyan, H. (2020, July). Problem based learning (PBL) in Industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1573, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.
Pamenang, F.D. (2021). LOCAL WISDOM IN LEARNING AS AN EFFORT TO INCREASE CULTURAL KNOWLEDGE: STUDENTS PERCEPTION AS PROSPECTIVE TEACHERS. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching).
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169-176.
Prayogi, S., & Asy'ari, M. (2021). Problem-Based Learning with Character-Emphasis and Naturalist Intelligence: Examining Students Critical Thinking and Curiosity. International Journal of Instruction, 14(2), 217-232.
Rachman, F. A., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD berbasis berpikir kritis materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada mata pelajaran kimia di SMA. ALKIMIA: Jurnal Ilmu Kimia dan Terapan, 1(1), 16-25.
Rahayu, D., & BUDIYONO, B. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djuniadi, D. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis kearifan lokal Kota Semarang pada materi larutan asam dan basa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 25-38.
Rizki Utari., Yayuk Andayani., Lalu Rudyat Telly Savalas. 2020. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam. Jurnal pijar MIPA. 15 (5) 478-481
Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahmayuni, Asep Hery Hernawan, Prihantini. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicdu, 6(4), 6313-6319.
Sutarto, Dwi Hastuti, I., Fuster-Guillén, D., Palacios Garay, J. P., Hernández, R. M., & Namaziandost, E. (2022). The effect of problem-based learning on metacognitive ability in the conjecturing process of junior high school students. Education Research International, 2022, 1-10.
Sarita, R., & Kurniawati, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Keterampilan Generik Sains. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 31-39.
Sudarmin, & Pujiastuti, SE (2015). Ilmu pengetahuan berbasis budaya dan kearifan lokal di Karimunjawa untuk menumbuhkan soft skill konservasi. Jurnal Internasional Sains dan Penelitian, 4(9), 598-604.Susanto, S. (2020). Efektifitas small group discussion dengan model problem based learning dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60.
Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580-590..
Sanova, A., Afrida, A., Bakar, A., & Yuniarccih, H. R. (2021). Pendekatan Etnosains Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga. Jurnal Zarah, 9(2), 105-110.
Safitri, D., Marini, A., Ibrahim, N., & Ibrahim, J. S. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN LKPD DIGITAL BERMUATAN KARAKTER BAGI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA. PROFICIO, 4(2), 149-156.
Ufie, A. (2016). Mengonstruksi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran muatan lokal sebagai upaya memperkokoh kohesi sosial. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 79-89.
Wahyudiati, Dwi (2021) Etnokimia: eksplorasi potensi kearifan lokal sasak sebagai sumber belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5 (2). pp. 102-111. ISSN p-ISSN : 2087-9040 (Print) and e-ISSN : 2613-9537
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157.
Yuliandriati, Y., Susilawati, S., & Rozalinda, R. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi ikatan kimia kelas x. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 105-120.
Yerizon., Arnawa, I. M., Fitriani, N., & Tajudin, N. M. (2022). Constructing Calculus Concepts through Worksheet Based Problem-Based Learning Assisted by GeoGebra Software. HighTech and Innovation Journal, 3(3), 282-296.
Zai, N. F., & Ulianas, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning Untuk Fase E. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24428-24435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram