Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs. NW Senyiur Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Model problem based learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari mata pelajaran. Adapun yang menjadi permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. NW Senyiur dengan subyek penelitian kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan Model pembelajaran problem based learning pada tiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus. Dimana sebelum diberikan tindakan, kreativitas belajar siswa hanya 2,6%. Sedangkan setelah diberikan tindakan, pada siklus I kreativitas belajar siswa terlihat meningkat sebanyak 2,9%, dan pada siklus II kreativitas belajar siswa secara keseluruhan semakin meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil tindakan pada masing-masing siklus di atas, dapat dinyatakan bahwa penelitian dengan menggunakan metode problem based learnig dapat memimgkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas VII MTs. NW Senyiur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinsa, R., Anjasari, V., & Yensy, N. A. (2023). Effect of problem based learning models using contextual worksheets on middle school students' mathematical problem solving ability. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(01), 48-56. https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i01.24387
Bahri, S. D. (2002). Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Hudojo. H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang: UM Press.
Irka, A. (2024). The effect of problem based learning model on mathematics learning outcomes of class viii students at smp negeri 10 bengkulu city. IJOPATE, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.58723/ijopate.v2i1.127
Kaharuddin, A. (2019). Effect of problem based learning model on mathematical learning outcomes of 6th grade students of elementary school accredited b in kendari city. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2). https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Margono, S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Masturi, C., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2020). The improvement of mathematical problem solving ability and self-efficacy students through problem-based learning model. International Journal of Scientific Research and Management, 8(05), 1408-1413. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v8i05.el05
Mauli, T, dkk. (2012). Pengaruh Stres Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Dosen Politeknik Negeri Bengkalis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 1, Nomor 1, Halaman 10-18.
Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The effect of problem based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37-45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454
Nasution. S. (2002). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Rafli, M. and Syahputra, E. (2018). Influence of problem based learning model and early mathematics ability to mathematical communication skills and self-confidence in junior high school. American Journal of Educational Research, 6(11), 1539-1545. https://doi.org/10.12691/education-6-11-12
Ramadhani, R., Misbah, M., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with lms-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137-158. https://doi.org/10.17478/jegys.548350
Rianti, R., Saragih, S., & Zulkarnain, Z. (2020). Development of mathematics learning tools in the context of riau malay culture to improve students mathematical problem solving ability. Journal of Educational Sciences, 4(1), 73. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.73-82
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung: Alfabeta.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bolgor: Ghalia Indonesia.
Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, hal: 3, dan 61.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Setiawan, A., Suhendar, A., Machmud, T., & Abbas, S. (2020). Analysis and design of modules to generate students' mathematical communication skills through problem based learning models. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7572-7582. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082543
Siagian, M., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2). https://doi.org/10.29333/iejme/5717
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suarsimi, A. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Zainal, A. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram