MEDIA TANAM CAMPURAN LIMBAH CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) UNTUK PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays)

Doni Juliutomo, Baiq Mirawati, Ali Imran

Abstract


Kerang mutiara (Pinctada maxima) merupakan salah satu komoditas ekspor dalam bidang budidaya laut dan mempunyai nilai jual tinggi yaitu mutiaranya.Limbah cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima)merupakan sisa dari industri pengolahan kerang mutiara.Jika kondisi tersebut tidak menjadi perhatian dan dikelola dengan baik, maka akan berpotensi menjadi limbah yang menumpuk dan berakibat buruk terhadap lingkungan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran media tanam cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima) terhadap pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays).Penelitian telah dilaksanakan dari bulan januari sampai maret 2018.Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Murni. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan analisis data yang digunakan yaitu ANOVA (Analisis of variance) pada taraf signifikan 5% dan diuji lanjut menggunakan DMRT (Duncan’s Multiple Range Test), dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan (P0: tanah 5000 gram, P1: tanah 5000 gram dan 5 gram cangkang kerang mutiara, P2: tanah 5000 gram dan 10 gram cangkang kerang mutiara, P3: tanah 5000 gram dan 15 gram cangkang kerang mutiara, P4: tanah 5000 gram dan 20 gram cangkang kerang mutiara). Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh hasil yaitu tinggi tanaman (0,069 > 0,05), jumlah daun (0,061 > 0,05), panjang daun (0,144 > 0,05), lebar daun (0,085 > 0,05) dan diameter batang (0,161 > 0,05). Sehingga limbah cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima) sebagai campuran media tanam terhadap pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays) memberikan pengaruh pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, dan diameter batang.


Keywords


Media tanam, jagung, cangkang, kerang mutiara.

Full Text:

PDF

References


Barnito, N. 2009.Budidaya Tanaman Jagung.Suka Abadi. Yogyakata.96 Hlm.

Fathurrahman.2013. Kajian Komposisi Fitoplankton dan Hubungannya Dengan Lokasi Budidaya Kerang Mutiara (PinctadaMaxima) Di Perairan Sekotong, Nusa Tenggara Barat. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Lingga dan Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.

Mawarni, Rita. 2017. Pemberian Pupuk Npk Dan Bokashi Cangkang Bekicot BerpengaruhTerhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung Manis(Zea Mays Saccharata Sturt). Fakultas Pertanian Universitas Asahan.

Nurgama, Prama. 2011. Penggunaan Pupuk Cair Hayati Berbahan Dasar Sawi Putih dan Keong Untuk Meningkatkan Produksi Sawi Putih (Brassica pekinensis (Lour)).Institut Pertanian Bogor.

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta; Gava Media.

Romadona, Kurnia. 2017. Aplikasi Pemberian Limbah Cangkang Kerang Darah

(Anadara Granosa) Dan Kapur Pertanian Kalsit TerhadapKesuburan Kimia Tanah Dan Pertumbuhan TanamanJagung Manis Pada Tanah Podsolik Dramaga. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Siregar, S.M. 2009. Abu Cangkang Kerang. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Sudarmi. 2013. Pentingnya Unsur Hara Mikro Bagi Pertumbuhan Tanaman. Sukoharjo: Fakultas Pertanian Universitas Veteran.

Sulistiyani, Yeni., Dkk. 2004. Filtration Rate Tiram Mutiara Pinctada Maxima Dari PerairanLombok, Nusa Tenggara Barat. Semarang: Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

Warisno. 2007. Seri Budi Daya Jagung Hibrida. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram