Penerapkan Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII F SMPN 14 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022

Baiq Devi Arisanthy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada kelas VIII F SMP Negeri 14 Mataram tahun pelajaran 2021/2022 pada materi Statistika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Masing-masing siklus dilakukan dalam tiga pertemuan dengan proses yang terdiri dari perencanaa, aplikasi, observasi, evaluasi dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 85% siswa pada kelas VIII.F memperoleh hasil belajar di atas 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal siswa. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 71,43% dan 88,57%. Hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal.


Keywords


Problem Based Learning, Statistika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi. 2012. Meningkatakan Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Aplikasi Persamaan Kuadrat Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di Kelas X SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya Vol 6, No 2 (2012).

Hery, Setiyawan. 2017. Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal INOVASI XIX, Nomor 1, Januari 2017.

Kemendikbud. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Maulana, Adi. 2013. Penerapan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol (1).

Sani, Ridwan A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram