Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terintegrasi Word Square Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Nuri Jelni Arimawati, Muhammad Iksan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Paikem Gembrot dengan Word Square terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs NW Labuhan Lombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pre-tes dan post-tes yang nantinya akan dilakukan uji t yang berbantuan program SPSS 20 dan pendekatan kualitatif untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui angket motivasi siswa yang dianalisis dengan persentase motivasi belajar siswa baik kelas yang menggunakan model pembelajaran Paikem Gembrot dengan Word Square maupun pada kelas yang menggunakan metode ceramah (konvensional). Hasil penelitian menunjukkan persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Paikem Gembrot dengan Word Square mencapai 81,13% dengan kategori sangat tinggi dan pada kelas yang menggunakan metode ceramah (konvensional) mencapai 78,83% dengan kategori tinggi. Hasil analisis uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 20 diperoleh thitung sebesar 2,310 dan dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 60 sebesar 2,000. Maka dengan demikian thitung> ttabel (2,310 > 2,000) dengan kata lain hipotesis dapat diterima. Sehingga kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran Paikem Gembrot dengan Word Square dapat memberikan motivasi belajar siswa dengan baik dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII MTs NW Labuhan Lombok Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keywords


Paikem Gembrot, Papan Kata, Motivasi dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Daroji, Hariyati. 2012. Biologi 1 Untuk Kelas VII SMP dan MTs. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Atika, dkk. 2002. Pedoman Guru Biologi SLTP Kelas 1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Dengan Metode R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. 1986. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bina aksara.

Ahmadi, K dan Amri, S. 2011. PAIKEM GEMBROT. Jakarta: Prestasi Pustaka

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif Dan Kuantitatif.jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dwisang. 2007. Inti Sari Sains Biologi Untuk SMP. Tanggerang: Scientific press.

Hardiana, R. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Papan Kata (Word Square) Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Mataram Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Ikip Mataram.

Tohir, T. 2012. Pengaruh Penggunaan Teknik Komedi Putar Diskusi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gerung Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Ikip Mataram.

Sutrisno, L, P dan Siswanto, B,T. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120). Jurnal Pendidikan Vokasi p-ISSN: 2088-286, e-ISSN: 2476-9401. Diakses pada tanggal 22/3/2018. 12:35 am wita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram