Bullying di Lingkungan Pendidikan: Analisis Filsafat Pendidikan Dari Multiperspektif

Sri Yuliyanti, Eliska Juliangkary

Abstract


Penelitian ini akan menggunakan pendekatan filosofis untuk menyelidiki dan mengatasi permasalahan bullying di lingkungan pendidikan. Melakukan tinjauan pustaka mengenai teori-teori filsafat pendidikan yang relevan dengan fenomena bullying. Artikel ini membahas peran penting pendekatan multiperspektif dalam filsafat pendidikan untuk mengatasi masalah bullying di lingkungan sekolah. Melibatkan pemahaman mendalam terhadap dasar-dasar etika dan keadilan dalam pendidikan, pendekatan ini mengintegrasikan berbagai sudut pandang untuk merinci konsep-konsep moral yang mendasari prinsip-prinsip kesetaraan dan hak asasi manusia. Penjelasan lebih lanjut diberikan mengenai bagaimana pendekatan multiperspektif memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap fenomena bullying, mencakup aspek-aspek psikologis, sosial, budaya, dan politis. Selanjutnya, artikel menyoroti pengembangan strategi penghindaran dan penanganan bullying dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk guru, staf sekolah, siswa, dan orang tua. Ini termasuk pelatihan, komunikasi terbuka, dan pembuatan kebijakan anti-bullying yang efektif. Pendekatan multiperspektif juga diyakini dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan adil. Dengan menciptakan budaya sekolah yang mendukung penghormatan terhadap perbedaan dan menghargai keragaman, artikel ini menekankan pentingnya menegakkan norma-norma etika dan keadilan. Terakhir, artikel menyimpulkan bahwa dengan mengatasi masalah bullying, pendekatan multiperspektif membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan sesungguhnya. Pendidikan bukan hanya tentang mentransfer pengetahuan, melainkan juga membentuk individu yang bertanggung jawab, peduli, dan menghormati hak orang lain.


Keywords


Bullying, Filsafat Pendidikan, Multiperspektif.

Full Text:

PDF

References


Adithama, Y & Jalil, A (2023, Oktober 18). Puluhan Pelajar SMPN di Magetan Sakiti Diri Sendiri Pakai Benda Tajam. Surabaya. https://jatim.solopos.com/puluhan-pelajar-smpn-di-magetan-sakiti-diri-sendiri-pakai-benda-tajam- 1771192

Aminudin, K. D. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Yogyakarta: K-Media.

Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter (Kajian Filsafat Pendidikan). Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 11(1), 1-10.

Dewi, C. F., Sema, N., & Salam, S. (2020). Upaya edukasi pencegahan bullying pada siswa sekolah menengah atas di kabupaten Manggarai Ntt. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120-129.

Fahira, W. R., Sari, Y. G., Putra, B. E., & Setiawati, M. (2023). Peranan Filsafat Pendidikan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 29-40.

Jiang, D., Walsh, M., & Augimeri, L. K. (2011). The linkage between childhood bullying behaviour and future offending. Criminal Behaviour and Mental Health, 21(2), 128-135.

Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891-899.

Meinarni, N. P. S. (2019). Tinjauan Yuridis Cyber Bullying Dalam Ranah Hukum Indonesia. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 299-308.

Pribadi, D. (2018). Perlindungan terhadap anak berhadapan dengan hukum. Jurnal Hukum Volkgeist, 3(1), 14-25.

Rachma, A. W. (2022) Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241-257.

Said, M. F. (2018). Perlindungan hukum terhadap anak dalam perspektif hak asasi manusia. JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 4(1), 141-152.

Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan stop bullying sejak dini. Spasi Media.

Sari, F., Andrian, F., & Azima, M. F. (2022). Pendidikan Anti Bullying: Studi Nalar Hadis Pendekatan Psikologi. Ri’ayah, 7(2).

Shinta, W. C. (2023). Analisis Pentingnya Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 82-89.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram