Kajian Stabilitas Emosi Antara Siswa yang Terisolir dengan Siswa yang tidak Terisolir di SMP Negeri 3 Montong Gading

M. Zainuddin, Hilwa Hidayana, I Wayan Karmana, Nofisulastri Nofisulastri

Abstract


Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kajian stabilitas emosi antara siswa yang terisolir dengan siswa  yang tidak terisolir di SMP Negeri 3 Montong Gading Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penetuan subyek penelitian menggunakan teknik Proportional purposive Random Sampling. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIIA, B, C, D dan VIIIA, B, C, D yang berjumlah 266 siswa, dengan sampel yang digunakan adalah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-Test dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan t dalam penelitian lebih besar dari ttabel atau 3,84>2,064 maka perbedaan ini adalah signifikan, berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif diterima (Ha) yang berbunyi: Terdapat perbedaan stabilitas emosi antara siswa yang terisolir dengan siswa  yang tidak terisolir di SMP Negeri 3 Montong Gading Tahun Pelajaran 2022/2023.


Keywords


Stabilitas Emosi, Terisolir, Tidak Terisolir.

Full Text:

PDF

References


Ali, M dan M Ansori, 2004, Psikologi Remaja, Erlangga, Jakarta.

Albin, RS, 2003, Emosi, Kansius, Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 1997, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Azhar, 1991, Proses Belajar Mengajar, Usaha Nasional, Surabaya.

Budiono, dkk, 2004, Metodelogi Research, CV. Tarsito, Bandung.

Djamarah, 2002, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Goleman dalam Maria Ulfa, 2008, Emitional Intelligence (terjemahan dalam Mulyadi), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakata.

Kartini, Kartono, 1996, Anak Terisolir, Rineka Cipta, Jakarta.

Setiawan, 2002, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta

Sigmund, 1997, Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak, Gramedia, Jakarta.

Sugiyono, 2007, Statsistik Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Surakhmad, Winarno, 1998, Metodologi Penelitian, Yayasan Fakultas Psikologi: UGM, Yogyakarta.

Soesilowindrani, 1997, Psikologi Perkembangan Anak, Rineka Cipta, Yakarta.

Soemanto, 1998, Psikologi Remaja. Jakarta, RajaGrafindo Persada PT.

Sunarto dan Hartono, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Rineka Cipta, Jakarta.

Winkel, Ws. 1997, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Gramedia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram