Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Dalam Menunjang Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Melalui Program Parenting di Desa Pengadang
Abstract
Peran aktif orang tua dalam proses tumbuh kembang anak usia dini menjadi fondasi penting dalam membentuk karakter, kecerdasan, dan kemandirian anak. Namun, di Desa Batu Jangkih masih ditemukan keterbatasan pemahaman orang tua terhadap pentingnya keterlibatan mereka dalam mendampingi anak, baik di rumah maupun di lingkungan pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran orang tua melalui program parenting bertema “Keterlibatan Orang Tua dalam Menunjang Tumbuh Kembang Anak Usia Dini”. Kegiatan dilaksanakan bersama para orang tua murid PAUD YAYASAN ZAINUL MUSTAFA melalui pendekatan edukatif dan partisipatif berupa penyuluhan, diskusi interaktif, serta simulasi kegiatan pengasuhan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman serta perubahan sikap orang tua terhadap pola pengasuhan yang lebih aktif dan positif. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat praktis bagi peserta, tetapi juga mendorong terwujudnya sinergi antara keluarga dan lembaga pendidikan anak usia dini sebagai mitra strategis dalam proses pendidikan anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press
Desforges, C., & Abouchaar, A. (2003). The Impact of Parental Involvement, Parental Support and Family Education on Pupil Achievement and Adjustment: A Literature Review. Department for Education and Skills (DfES), UK.
https://dera.ioe.ac.uk/6305/
Epstein, J. L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press.
Epstein, J. L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press.
Knowles, M. S. (1984). Andragogy in Action: Applying Modern Principles of Adult Learning. Jossey-Bass.
Mujiburrahman, & Nuraeni. (2021). Integrasi Pendidikan Kebencaan Dalam Kurikulum K13 Anak Usia Dini, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, e-ISSN: 2722-824X, Vol. 2, No.2 Desember 2021. P 2023-231
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development (11th ed.). McGraw-Hill.
DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v4i1.16572
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Jurnal Dedikasi Madani
E-ISSN: 2964-1519
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.