PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Rusdiana Yusuf, Lusiana Lusiana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan sosial yang dimiliki siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gondang tahun 2022. Tujuan penelitian yang ingin di capai berdasarkan rumusan masalah yang telah ditetapkan adalah untuk Mengetahui seberapa efektif Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SDN 1 Gondang Tahun 2022. Rancangan Penelitian yang di gunakan adalah penelitian eksperimen “One-Group Pretest-posttest Desaign”.Yang menjadi variable bebas adalah permainan tradisional dan yang menjadi variable terikatnya adalah keterampilan sosial. Dan instrument penelitian menggunakan angket sikap sosial untuk mempermudah pemahaman peneliti, sehingga berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang sudah di dapat, bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut yaitu dari 20 sampel  ditarik ke dalam rumus dan dihasilkan peningkatan sebesar (7,316>1.729), artinya uji nilai t menunjukan t -hitung lebih besar dari t-tabel dengan demikian nilai t yang diperoleh dalam penelitian ini signifikan (berpengaruh). Jadi kesimpulannya ada Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SDN 1 Gondang Tahun 2022.

Keywords


Permainan Tradisional, Gobak Sodor, Keterampilan Sosial

References


Adiyanti, M.G. 1999. Skala Keterampilan Sosial. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada

Cartledge, G. & Milburn, J. F., 1995, Teaching Sosial Skill To Children And Youth, Allyn and Bacon, Boston.

Dowd, Tom dan O’kane, Susane. 1991. Effective Skills For Child-Care Workers. A Training Manual From Boys Town. New York Press

Hanurawan Fattah. Psikologi Sosial Suatu Pengantar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

Hilmiati. (2009). Pengembangan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Muhammadiyah Kolombo Yogyakarta. Tesis PPs UNY.

Ismail, A. (2006). Education Games (menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Iswinarti. (2016). Traditional game “gembatan” and social competence of school age children. Psychology & Humanity. 851–858

Lalu Hulfian. Statistika Penelitian untuk Pendidikan Jasmani & Olahraga (Lombok: Garuda Ilmu, 2015)

Latipun. 2010. Psikologi Eksperimen. Malang : UMM Press

Momon Sudarma. Sosiologi Komunikasi (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014)

Rubin, K. H., Bukowski, W., & Parker, J.G. 2006. Peer Interactins, Relationship & Groups, Dalam Handbook Of Child Psychology vol. 3 : Social, Emotional And Personality Development (5th ed, hal 617-700). New York: John Wiley and Sons

Sjamsuddin dan Maryani E. 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial.” Makasar: Makalah pada Seminar Nasional.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukirman. D. (2004). Permainan Tradisional Jawa sebuah upaya pelestarian Kebudayaan. Yogyakarta: Kepel Press.

Supriyadi.(2011) Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Suryosubroto. (2002) B. Proses belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bakti, 2003

W.J.S Poewadarmintra. Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka,1980).




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v9i2.6588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.