MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING PADA MASA NEW NORMAL

Muhamad Mahmud, I Ketut Sumerta, I Komang Adi Palgunaldi, Putu Citra Purnama Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Abiansemal tahun ajaran 2020/2021 terhadap pembelajaran PJOK secara daring pada masa New Normal.  Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kela VII E SMP Negeri 2 Abiansemal dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring pada masa new normal. Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei berupa penyebaran kuesioner menggunakan google form. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Banyak responden dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Abiansemal. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner online menggunakan google formulir yang berisi 20 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Abiansemal terhadap pembelajaran PJOK secara daring pada masa New Normal pada kategori “sangat bermotivasi” sebanyak 27 peserta didik (90%), kategori “bermotivasi” sebanyak 3 siswa (3%), dan tidak ada siswa (0%) yang berada pada kategori cukup bermotivasi, kurang bermotivasi dan sangat kurang bermotivasi

Keywords


motivasi, pembelajaran, PJOK, daring

References


Fauziah, A., Rosnaningsih, (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang

Hasibuan (2010: 141) Menurut Hasibuan, pengertian motivasi adalah hal-hal yang dapat menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia untuk mau bekerja dengan giat dan antusias untuk mencapai hasil yang maksimal. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4 (1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Komarudin, & Prabowo, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 26 (2), 56–66.

Kinestetik, 4 (1), 55–62. https://doi.org/10. 33369/jk.v4i1.10347

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 1 (1), 133–46.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rivai dan Sagala (2009: 837) Menurut Rivai dan Sagala, pengertian motivasi adalah rangkaian sikap dan nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal tertentu sesuai dengan tujuan individu.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1 (2), 206–216.

Robbins dan Coulter (1999: 458) Menurut Robbins dan Coulter, pengertian motivasi adalah kerelaan melakukan usaha tingkat tinggi untuk mencapai tujuan organisasi, di persyaratkan oleh kemampuan usaha tadi untuk memuaskan kebutuhan tertentu.

Robbins (2006: 213) Menurut Robbins, pengertian motivasi adalah proses yang ikut menentukan intensitas, arah serta ketentuan individu dalam upaya mencapai tujuan.

Roni Parma, dkk. 2022. evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi di Sekolah Dasar Kota Pariaman. Jurnal Mensana. Jurnal ilmiah Bidang Pendidikan Olahraga. https://doi.org/10.24036/MensSana.07012022.4

Rusli Lutan. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Samsudin (2009: 81) Menurut Samsudin, pengertian motivasi adalah proses mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau kelompok agar mereka dapat melaksanakan sesuatu yang telah ditetapkan.

Sardiman. (2011). Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Basa.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6 (2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar.

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1 (2), 14–19.

Siyoto, Sandu & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada,

Tengah, L. (2020). Hubungan Minat Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1 (September), 72–79.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di BidangPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, S. (2011). Motivasi Siswa Kelas V Se-Gugus Melati UPT Disdikpora Kecamatan Muntilan dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yogyakarta: FIK UNY.




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v9i1.6586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.