MANAGEMEN PROGRAM PELATIHAN ATLET PENCAK SILAT DIMASA PANDEMI COVID-19 PPLP (PUSAT PENDIDIKAN LATIHAN PELAJAR) DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI NTB

M Salabi, Imran Hasanuddin

Abstract


Fokus masalah penelitian ini Cabang olahraga pencak silat pernah berjaya pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di tahun 2011 hingga 2017. Mereka selalu mempersembahkan medali emas selama lima kali tampil di ajang multi event tingkat pelajar nasional itu. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Managemen Program Pelatihan Atlet Pencak Silat Dimasa Pandemi Covid-19 PPLP (Pusat Pendidikan Latihan Pelajar) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif. Lokasi penelitian, pengumpulan data di pusat pembinaan atlet PPLP NTB dan Kantor Dispora NTB. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara, analisis data menggunakan analisis deskriptif evaluative. Populasi dan sampel menggunakan studi populasi (mengikutkan semua populasi menjadi sample). Populasi yang di gunakan adalah 10 Atlet dan 3 Pelatih PPLP (Pusat Pendidikan Latihan Pelajar) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB. Hasil Penelitian: Manajemen pembinaan prestasi di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Pencak Silat PPLP Nusa Tenggara Barat berjalan dengan baik, telah terprogram, berjenjang, dan berkesinambungan. Hal ini dilihat mulai dari proses perekrutan atlet yang ketat, program latihan yang sistematis, sarana dan prasarana yang tercukupi, serta dana yang memadai. Manajemen Program latihan untuk atlet sudah baik dan tepat, karena rencana tersebut dibuat dengan mempertimbangkan faktor kebutuhan peningkatan prestasi atlet sesuai tujuan yang ditentukan pelatih secara tepat. Susunan organisasi PPLP dibawah naungan DISPORA Nusa Tenggra Barat berjalan tertib dan telah terstruktur dalam proses pembinaan prestasi.  Sarana dan prasarana Cabor Pencak Silat PPLP Provinsi Nusa Tenggara Barat secara kualitas sudah tercukupi, namun perlu pembenahan dan peningkatan, penggantian Fasilitas latihan, Gedung yang digunakan PPLP adalah gedung olahraga indoor Atletik Lawata Mataram dan gelanggang pemuda Mataram, tempat tinggal atlet cukup memadai, alat fitness di gelanggang pemuda. Pendanaan yang dimaksud berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Hibah APBN Kemepora RI yang dialokasikan dengan seksama sesuai kebutuhan proses pembinaan prestasi dan terencana dalam Surat Keputusan/ SK Dispora NTB. Prestasi yang telah dicapai sampai saat ini sudah baik dan mengalami peningkatan seiring peningkatan kualitas pola pembinaan prestasi cabor Pencak Silat PPLP Nusa Tenggara Barat.


Keywords


Managemen Program Pelatihan, Pencak Silat.

Full Text:

PDF

References


Agus Win. (2016). 10 Perguruan Historis Pencak Silat. Diambil dari http://www.kompasiana.com/aguswin/10-perguruan-historis pencaksilat_56bd315682afbd7d0ea03c19 (Januari 2022).

Djoko, Pekik, Irianto. 2002. Dasar kepelatihan. Yogyakarta : Surat Perjanjian Pelaksanaan Penulisan Diklat.

Erwin Setyo Kriswanto. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Fekum Ariesbowo. (2008). Menjadi Pesilat. Jakarta: Be Champion.

Johansyah Lubis dan Hendro Wardoyo. (2014). Pencak Silat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Joko Subroto. (1996). Pencak Silat Pertahanan Diri. Solo: CV. Aneka.

Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harsono, (1988). Coaching dan Aspek-aspek Coaching. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

IKP. (2011). Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram

Lexy J, Meleong. (2002). Metodologi Penelitian. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

--------------------. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

M, Yunus. (1992). Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Said, Junaidi. (2003). Pembinaan Olahraga Usia Dini. Semarang : Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka cipta.Irmansyah, J. (2017). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pantai. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 24-38. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jk.v5i1.12759




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v9i1.6575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.