PENGARUH LATIHAN STRIDE JUMP CROSSOVER DAN SIDE JUMP SPRINT TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PADA CLUB BOLA VOLI PUTRI IVOSB CLUB BANJARMASIN

Andi Kasandrawali

Abstract


Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia. Cabang bola voli juga diharapkan mampu mengharumkan nama bangsa dan negara di event Internasional.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh latihan stride jump crossover dan side jump sprint terhadap peningkatan power otot tungkai club bola voli putri IVOSB club Banjarmasin tahun 2022ā€. Sampel yang digunakan berjumlah 12 orang, Metode pengumpulan data menggunakan metode tes perbuatan sebagai metode pokok, yaitu dengan mengadakan tes awal sebelum melakukan latihan menggunakanstride jump crossover dan side jump sprint (pre-test) dan setelah latihan (post- test). Instrument test penelitian untuk mengukur power otot tungkai dengan test vertical jumpt, Sedangkan metode analisa data dengan menggunakan analisa statistik dengan rumus t-tes. Dari hasil analisis data dimana perlakuan menggunakan stride jump crossover terdapat pengaruh yang signifikan dimana t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,939 > 2,015) jadi berdasarkan analisis di atas Ho di tolak dan Ha di terima maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh latihan stride jump crossover terhadap peningkatan power otot tungkai club bola voli putri IVOSB club Banjarmasin tahun 2022. Sedangkan analisis data dimana perlakuan menggunakan side jump sprint erdapat pengaruh yang signifikan dimana t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,867> 2,015) jadi berdasarkan analisis di atas Ho di tolak dan Ha di terima maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh latihan side jump sprint terhadap peningkatan power otot tungkai club bola voli putri IVOSB club Banjarmasin tahun 2022

Keywords


: stride jump crosscover, side jump sprint, power otot tungkai, bola voli

References


Eriyaldi, E. (2019). Pengaruh Latihan Plyometric Menggunakan Metode Circuit Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bola Voli. Jurnal Patriot, 1(3), 1160-1168.

Harsono. 1993. Latihan Kondisi Fisik. Jakarta: Koni Pusat

Hulfian. 2014. Kondisi fisik Dan Tes Pengukuran Dalam Olahraga.Mataram Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

I Kadek Mastikayasa.(2013).Pengaruh Pelatihan Plaiometric Side Jump Sprint Terhadap Kecepatan Dan Kekuatan Otot Tungkai.Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Mubarrok, M., & Adi, S. (2017).Pengaruh Variasi Latihan Squat Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Pemain Bola Voli Putri. Indonesia Perfomance Journal, 1(2), 125-129.

Poerwodarminto. 1984 Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN, Balai Pustaka: Jakarta.

Roziandy, M., & Budiwanto, S. (2020). Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Terhadap Power Otot Tungkai pada Atlet Bolavoli Putri. Indonesia Performance Journal, 4(1), 36-40.

Sajoto M., 1995. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2013. MetodePenelitianPendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v9i1.6564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.