PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KETANGKASAN MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

lusiana lusiana, Catur Wahyu Priyanto, Rian Kurniawan, Boby Helmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media kardus sebagai alat bantu dalam pembelajaran senam lompat kangkang pada siswa kelas V SDN Kedungwuluh VI Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedungwuluh VI Purwokerto sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam memahami dan melaksanakan teknik lompat kangkang. Pada aspek kognitif, sebanyak 67,57% siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap gerakan senam, sementara aspek afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan, masing-masing mencapai 51,35% dan 67,57% pada kategori baik. Penggunaan media kardus terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam konteks keterbatasan sarana dan prasarana. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidikan jasmani di sekolah dasar, dengan menunjukkan bahwa alat bantu sederhana dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media kardus sebagai solusi alternatif yang inovatif untuk mendukung pembelajaran fisik di sekolah dasar.


Keywords


Media Kardus; Lompat Kangkang; Hasil Belajar Senam; Pendidikan Jasmani.

References


Arum, A., Herawati, E., & Yulastri, L. (2023, Mei 3). Development of Poster Media Equipped with QRCode as a Tool for Skin Beauty Gymnastic Practice. Proceedings of the 4th Annual Conference of Engineering and Implementation on Vocational Education, ACEIVE 2022, 20 October 2022, Medan, North Sumatra, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.20-10-2022.2328835

Benedek, F. (2023). Study on the importance of gymnastics exercises in the development of children with special educational requirements. Știința Și Arta Mișcării, 16(2), 27. https://doi.org/10.4316/SAM.2023.0204

Damayanti, D. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Dukalang, H. H., & Lestari, D. D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (Jtii), 3(1), 1. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179

Halilaj, B., Madić, D., & Sporiš, G. (2018). Gymnastics Skill Level and Fitness in Students Selected for Physical Education Programs/Razina Gimnastičkih Vještina I Tjelesne Kondicije Kod Učenika Odabranih Za Programe Tjelesnog Odgoja. Croatian Journal of Education - Hrvatski Časopis Za Odgoj I Obrazovanje, 20(3). https://doi.org/10.15516/cje.v20i3.2985

Hapid, A. (2023). Penggunaan Alat Termodofikasi Dalam Menumbuhkan Kompetensi Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Pada Pembalajaran Lempar Cakram. Reflection Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1311

Hutcheon, A. W. (2021). Impact of Technology Enhanced Video Feedback and Peer Evaluation on Gymnastic Performance in a Middle Years Program (MYP) International Baccalaureate Physical Education Class. Acpes Journal of Physical Education Sport and Health (Ajpesh), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/ajpesh.v1i1.46294

Korkmaz, S. (2020). Reflections of Social Darwinism on Physical Education and Sports in the Early Turkish Republican Period. Journal of Educational Issues, 6(2), 336. https://doi.org/10.5296/jei.v6i2.17765

Made, M. A. W., Suwiwa, I. G., Bayu, W. I., & Estrella, E. O. (2023). ICT TPACK-Oriented of Floor Gymnastics Learning Media for Elementary School Students. Journal of Education Technology, 7(1), 34–44. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.57076

Mekić, R. (2024). Influence of Combined Teaching of Physical Education and Sports Gymnastics on the Anthropological Status of Elementary School Students. https://doi.org/10.5937/atavpa24008m

Mulyana, M. C. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa: Studi Kasus Di Indonesia Dan Malaysia. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i1.501

Parta, L. P. S. W. K. Y. (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932

Polevoy, G. G. (2022). Development of Spatial Orientation of Children Aged 8-9 Years Using a Gymnastic Stick. International Journal of Pharmaceutical Research and Allied Sciences, 11(4), 134–139. https://doi.org/10.51847/bvpsnljliw

Prastowo, M. H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Menggunakan Alat Bantu Kotak Kardus. Syntax Idea, 3(3), 579–591. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i3.1096

Putra, R., Subakti, S., & Lahinda, J. (2024). TINGKAT KECEMASAN DAN MINAT DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK MATERI SENAM LANTAI DI SDN SATAP MANTAR. Gelora : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 11(1), 193. https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.11758

Ramos, A. Á., & Ramírez, L. V. (2020, September). Gender Differences in the Level of Achievement of Gymnastic and Acrobatic Skills. https://www.mdpi.com/1660-4601/17/19/7216

Ridwan, M. (2022). Effects of Interactive Media on Critical and Creative Thinking. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(2), 256–261. https://doi.org/10.17509/jpjo.v7i2.48676

Rudd, J., Barnett, L. M., Farrow, D., Berry, J., Borkoles, E., & Polman, R. (2017). The Impact of Gymnastics on Children’s Physical Self-Concept and Movement Skill Development in Primary Schools. Measurement in Physical Education and Exercise Science, 21(2), 92–100. https://doi.org/10.1080/1091367x.2016.1273225

Scott, H. (2023). Associations of ADHD-Risk and Motor Competence With School Functioning. Journal of Attention Disorders, 28(1), 31–42. https://doi.org/10.1177/10870547231197214

Setiawati, K. S., I Gusti Lanang Agung Parwata, & Suratmin, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444

Sukmawati, N., Septaliza, D., Fikri, A., & Kesumawati, S. A. (2022). The Impact of ACIK Gymnastics on Physical Fitness in Elementary Schools. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.33369/jk.v6i4.25181




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i2.13069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.