EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMK ISLAM AL-MUSLIMUN NW KEBON KONGOK: PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Bq Nurmalia Egikana, Susi Yundarwati, M Iqbal Hasanuddin

Abstract


Salah satu lembaga pendidikan yang berusaha menerapkan 6 dimensi profil pelajar pancasila adalah SMK Islam Al-Muslimun NW Kebon Kongok namun sampai saat ini belum menunjukkan hasil yang maksimal, terbukti dengan adanya bulliying antar pelajar, bolos sekolah di jam pelajaran, dan acuh tak acuh terhadap peraturan sekolah. Oleh karenanya sangat penting untuk sekolah dalam merencanakan cara–cara dalam pembentukan profil pelajar pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan profil pelajar pancasila yang ditinjau melalui kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan di SMK Islam Al–Muslimun NW Kebon Kongok. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dengan hasil uji validitas sebesar 0,443 dan reliabilitas sebesar 0,860 sehingga instrument dikatakan reliabel dan dapat digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa anggota ekstrakulikuler kepramukaan. Sampel penelitian ini yaitu 20 orang yang terdiri dari siswa anggota ekstrakulikuler kepramukaan. Teknik analisis menggunakan analisis deskripsi dengan persentase. Hasil penelitian diketahui peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan profil pelajar pancasila yang ditinjau melalui kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan di SMK Islam Al–Muslimun NW Kebon Kongok diperoleh dari analisis data secara keseluruhan dengan perolehan sangat setuju sebesar 50%, setuju sebesar 37%, netral sebesar 9%, tidak setuju sebesar 3%, dan sangat tidak setuju sebesar 1%.


Keywords


Peran; Guru Pendidikan Jasmani; Ekstrakurikuler; Pramuka; Profil Pelajar Pancasila

References


Afresda, S. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Journal on Education, 6(1), 8021–8040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4215

Aidil S, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilib.unismuh.ac.id/dokumen/detail/34211/digilib.unismuh.ac.id

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu | Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520

Azizi, N. Q. U. A. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793

Damanik, S. A. (2014). Pramuka ekstrakurikuler wajib di sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(02), 16–21.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Ghani, M. F. A., Elham, F., Awang, Z., & Marzuki, S. (2017). Pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Kawasan Bandar Dan Luar Bandar: Perspektif Murid. JuPiDi: Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 1(3), Article 3.

Hamidah, H., Hairina, Y., & Imadduddin, I. (2022). Hubungan Intensitas Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka dengan Kecerdasan Moral SiswaKelas VIII di MtsN 9 Hulu Sungai Selatan. Jurnal Al-Husna, 3(2), 143–155. https://doi.org/10.18592/jah.v3i2.6058

Haqiem, A., & Nawawi, E. (2023). Implementasi Penguatan Nilai—Nilai Pancasila Pada Era Globalisasi Pendidikan Abad-21di Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 126–135. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.158

Hasanah, A. H. (2022, December 1). Pengaruh Peranan Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah [Skripsi]. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Https://Digilib.unila.ac.id/67967/

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah | Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), Article 2.

Kusumawati, I. (2012). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Kepramukaan. Academy of Education Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.85

Laksono, F. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25027

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan | Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nisa, A. F., Nizhomi, B., Yuniharto, B. S., & Krisnajati, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Ajak Temani Mandiri (Mpatm) Berbasis Ajaran Ketamansiswaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 117. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.14307

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Prabowo, A., Sulastri, & Alimuddin. (2021). Peran Guru Penjas dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas | Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. https://doi.org/10.5281/zenodo.4896277

Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 115–129. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1260

Prastomo, W., Huliyah, M., Nasrudin, M., Kusumawati, I., Nuryati, N., & Bowo, A. N. A. (2019). Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah Dasar. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v4i1.506

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. 2(1).

Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa | | Jurnal Ketahanan Nasional. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal Di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Suyitno, S. (2021). Peningkatan Daya Saing Madrasah Melalui Optimalisasi Program Ekstrakurikuler. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1161–1169.

Wijayanti, D. N. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Educatio. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.12770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.