PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN PENDEKATAN CULTURALY RESPONSIVE TEACHING (CRT)
Abstract
Abstrak (Indonesia)
Tujuan penelitian ialah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendektan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada siswa kelas VI-C SDN Jeruk I/469 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) lesson study yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus memiliki alur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subyek penelitian ialah 28 siswa, teknik pengumpulan data ialah melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan menggunakan permainan one two step jump (lompat satu dua langkah) dapat dilihat dari prasiklus ke siklus I serta dari siklus I ke siklus II. Dengan perolehan persentase prasiklus siswa yang tuntas sejumlah 7 dengan perolehan perstase sebesar 25%, siklus I kemampuan siswa yang tuntas sejumlah 18 siswa dengan perolehan persentase 64%, serta siklus II dengan kemampuan siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa dengan perolehan persentase sebesar 96%. Bedasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat disimuplkan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan menggunakan permainan one two step jump (lompat satu dua langkah) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh.
Kata Kunci: Pendekatan Culutrally Resposive Teaching, lompat jauh
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Erwansyah, A. A. (2016). GAYA MENGGANTUNG DALAM PEMBELAJARAN PJOK Achmad Amik Erwansyah Abstrak. 04, 355–362.
Ghozali, P., Pramono, H., Maarif, Mt. N., Banyumas, K., Tengah, J., Pendidikan Olahraga, P., Negeri Semarang, U., & Artikel, S. (2017). LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN CRT KELAS VII B SMP NEGERI 41 SEMARANG. Proceeding.Unnes.Ac.Id, 6(1). https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3447
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127.
Kurniawati, putri. (2017). Metode penelitian. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01).
Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Marta, I. A. (2020). Contribution of Leg Muscle Strength and Speed of Students Long Jump Ability. 460(Icpe 2019), 149–152. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.041
Maulana, & Mediatati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 153–163. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh permainan tradisional karetan terhadap pembelajaran motorik kasar atletik lompat jauh. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, Volume 3, Nomor 1, April 2016, Hal 1-75 10, 3(1), 9–18. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3478
Raharjo, T. B. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan Lompat Gelang-Gelang Pada Siswa Kelas V Sdn 02 Garungwiyoro. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(8), 200–2009.
Ramadhan, H. ilham, Mujiono, E., & Raharjo, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Pendekatan Culturaly Responsive Teaching (Crt) Dengan Permainan Tradisonal Lompat Tali Karet Kelas Xi. Universitas Negeri Semarang, 733–738.
Riawan, K., & Djawa, B. (2017). PENERAPAN PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan). Ejournal.Unesa.Ac.Id, 5(3), 445–450.
Supriadi. (2019). Pengembangan Kreativitas Belajar Guru Akidah Akhlak. Jurnal Elementary, 7(1), 125–132.
Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar Nuriska Subekti, P., Mulyadi, A., & korespondensi, A. (2020). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar. Journal.Unnes.Ac.Id. https://journal.unnes.ac.id/sju/jscpe/article/view/38560
Wulandari, A. N., & Mawardi. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Pigur, 1(2), 10–17.
Yukarda, A., Pujianto, D., & Arwin, A. (2019). Pengaruh Latihan Pliometrik Standing Long Jump (Broad Jump) Dan Standing Jump Terhadap Lompat Jauh Gaya Gantung Atlet Atletik Lompat Jauh Provinsi Bengkulu Di Pplp Bengkulu. Kinestetik, 3(2), 216–222. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8923
DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i2.12637
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.