PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRECISION LONG JUMP TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Supardi Supardi, P. Muhammad Yusuf, Galang Pakarti Mahardika

Abstract


Dalam pendidikan jasmani proses yang dirancang dan disusun secara sistematik dapat meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan ketrampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif serta kecerdasan emosi. Pendidikan jasmani pada materi lompat jauh yang di terapkan di SMPN 1 Seteluk belum sepenuhnya maksimal karena masih ada rasa takut dan kurangnya percaya diri, maka perlu adanya penerapan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan model pembelajaran precision long jump siswa kelas VIII.C SMPN 1Seteluk Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII,C yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi dan tes. Analitis data dalam penelitian ini adalaah analisis deskriptif presentase. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,72 dan siklus II sebesar 84,59. Hal ini di perkuat lagi dengan observasi siswa yang mengalami peningkatan ke aktifan siswa secara siknifikan dan respon siswa terhadap pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan model pembelajaran precision long jump  dengan persentase siklus I 41,17% dan siklus II 94,11% kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik terhadap pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan model pembelajaran precision long jump


Keywords


Pembelajaran, Lompat Jauh, Precision Long Jump, Hasil Belajar

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asih, S. C. T., Tarigan, H., & Jubaedi, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Alat Modifikasi Siswa SD. JUPE: Jurnal Penjaskesrek, 7(2).

Bagiasa, I. K. (2013). Pengaruh Latihan Plaiometrik terhadap Hasil Lompat Jauh Ditinjau dari Daya Ledak Otot Tungkai pada SMP Negeri 3 Sawan. Lampuhyang, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i1.134

Dinata, H., & Dinata, V. (2014). Pengaruh Permainan Lompat Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi pada Siswa Kelas V SDN Kabuh I Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(03), 680–684.

Febrianti, R. (2013). Pengembangan Materi Atletik Melalui Permainan Atletik Three In One Untuk Siswa Sd Kelas V. Journal of Physical Education and Sports, 2(1).

Hasibuan, R. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pembelajaran Media Rintangan Pada Siswa Kelas Xi Sma Swasta 1 Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), Article 77. https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i77.3422

Hermansyah, H., & Supriadin, S. (2018). Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Jereweh Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jupe : Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jupe.v3i3.523

Ja’far, A, M,., Humaid, H,, & Samsudin. (2019). Squad Style Long Jump Learning model Based on Games For Middle School Students.

Jospiah. (2017). Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 025 Koto Sentajo | Jospiah | Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5521

Juliantine, T. (2010). Strategi mengajar melalui model bermain dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 1(1), 1–9.

Lengkana, A. S. (2018). Kontribusi belajar lompat katak dan engklek terhadap penampilan teknik lompat jauh gaya jongkok di sekolah dasar. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 1(2), 149–159.

Nur, A. (2019). Pengaruh Latihan Lompat Rintangan terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra SMP Negeri 1 Luwuk. JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.37630/jpo.v9i1.200

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110–116.

Perdana, M.F., & Kuntjoro, B.F. (2016). Perdana, M. F., & Kuntjoro, B. F. (2016). Penerapan Model Bermain “Lompat Gembira” Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VII.D Madrasah Tsanawiyah Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan. hlm. 412-416.

Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196–205.

Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh permainan tradisional karetan terhadap pembelajaran motorik kasar atletik lompat jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 9–18.

Repiansyah, M., Alsaudi, A. T. B. D., & Pudjiastuti, S. R. (2020). Pengaruh Permainan Kid’s Athletic terhadap Tingkat Kebugaran Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 38–43.

Sobarna, A., M Rizal, R., Hambali, S., Mauludin, A. R., & Kurniasih, E. (2019). Tingkat Konsentrasi Pada Atlet Futsal Belions. Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan, 4(2). https://doi.org/10.5614/jskk.2019.4.2.3

Suhdy, M., Sovensi, E., & Supriyadi, M. (2019). Perbandingan Metode Latihan Sirkuit Dan Konvensional Terhadap Prestasi Lompat Jauh Siswa Sman Se-Kota Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.31540/jpp.v13i2.601

Teneh, F., Mentara, H., & Hariyadi, T. (2015). Pengaruh Permainan Kid’s Athletic Terhadap Efektivitas Pembelajaran Gerak Pada Siswa SD IT Al Fahmi Palu. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 3(12).

Usman, K., Aditya, R., & Helmi, B. (2019). Pengembangan peralatan modifikasi atletik pada pembelajaran PJOK tingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 18–23.

Wagiyem, W., Yunitaningrum, W., & Triansyah, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Bola Yang Di Gantung.

Wahyudi, A. (2021). Peningkatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan metode variasi. Journal Athletic and Sport Nutrition, 1(1), 1–8.

Widiastuti, W., & Hutumo, P. (2018). Meningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Bantu. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/GJIK.091.05




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.11757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.