TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA SDN 1 SEMBUNG KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Miftahus Saleh, Mujriah Mujriah, Putu Citra Permana Dewi

Abstract


Pencapaian motorik kasar sangat diperlukan anak agar mampu berlari, menendang, melempar, melompat dan sebagainya dengan baik dan benar. Gempuran smartphone membuat anak-anak zaman sekarang jarang melakukan kegiatan untuk meningkatkan motorik kasanya. Berdasarkan pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 1 Sembung Kecamatan Narmada, sepulang sekolahnya anak-anak lebih cenderung menghabiskan waktu berjam-jam duduk didepan televisi dan bermain gadget dibandingkan melakukan aktivitas permainan seperti bermain sepakbola, lompat tali, atau aktivitas jasmani lainnya. Akibat dari itu semua mereka menjadi malas bergerak dan secara tidak sadar aktivitas yang dilakukan oleh para siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Sembung Kecamatan Narmada tersebut akan berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar siswa kelas V SD Negeri 1 Sembung Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes Shuttle-run 4 x 10 meter, tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, tes Stork Stand Positional Balance, tes lari cepat 30 meter. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Jadi dari hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sembung, Kecamatan Narmada, Tahun Pelajaran 2022/2023 diperoleh hasil yang bervariasi. Dari 24 siswa, sebanyak 1 orang (4,17%) mempunyai kemampuan motorik baik sekali, 9 orang (37,50%) mempunyai kemampuan motorik baik, 6 orang (25,00%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 7 orang (29,17%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 1 orang (4,17%) mempunyai kemampuan motorik kasar kurang sekali

Keywords


Kemampuan Motorik kasar, Siswa Sekolah Dasar

References


Agustina, F., Henny, H., Djamudi, N. L., & Jeti, L. (2021). Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Modifikasi Estafet Di Kelompok B Tk Pembina Kelurahan Watolo, Kecamatan Mawasangka. Jurnal Lentera Anak, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.35326/Jla.V2i2.2385

Aryamanesh, S., & Sayyah, M. (2014). Effect Of Some Selected Games On The Develop-Ment Of Locomotor Skills In 4-6 Year-Old Preschool Boys. International Journal Of Sport Studies, 4(6), 648–652.

Aye, T., Oo, K. S., Khin, M. T., Kuramoto-Ahuja, T., & Maruyama, H. (2017). Gross Motor Skill Development Of 5-Year-Old Kindergarten Children In Myanmar. Journal Of Physical Therapy Science, 29(10), 1772–1778.

Claudia, S., Widiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143–148.

Djuanda, I., & Agustiani, N. D. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia 5—6 Tahun. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 33–45. Https://Doi.Org/10.38153/Almarhalah.V6i1.92

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Keseimbangan Dan Tingkat Usia Anak Tunagrahita Mampu Didik Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1).

Hanifah, P. A., & Oktadinata, A. (2020). Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Melalui Permainan Modifikasi. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V6i3.14979

Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 2(2), 89–101.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V5i1.12368

Hasninda. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong | Jurnal Ilmiah Potensia. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Potensia/Article/View/3498

Iskandar, A. R. (2015). Kemampuan Motorik Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Kota Pontianak Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31571/Jpo.V4i1.31

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328.

Lusianti, S., & Puspodari, P. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Nusantara Pgri Kediri Tahun 2019. 1–6. Http://Repository.Unpkediri.Ac.Id/2668/

Nurhasan. (2001). Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Fpok Upi. Fpok Upi.

Rahman, T., Sumardi, S., & Cahyani, D. D. (2020). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(2), 143–151.

Richard Decaprio. (2013). Aplikasi Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Diva Press.

Rinayati, R., Erawati, A. D., Wahyuning, S., & Harsono, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru Paud Dalam Menstimulasi Dan Deteksi Dini Perkembangan Balita. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 25–31.

Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Berdasarkan Perbedaan Status Ekonomi Keluarga. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 172–180.

Sihono, D. (2016). Kemampuan Motorik Kasar Siswa Kelas Atas Sd Negeri Jombor Lor Sleman Yogyakarta. Pgsd Penjaskes, 1.

Susanti, D., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Jaluar Onau Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 68–77.

Wijanarko, J. (2017). Pengaruh Pemakaian Gadged Dan Perilaku Anak, Terhadap Kemampuan Anak Taman Kanak-Kanak Happy Holy Kids Jakarta. Jurnal Institut Kristen Borneo, 2(1), 1–40.




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v11i1.11754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.