IMPLEMENTASI METODE GAME APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

Muhammad Kalamullah, Rusdiana Yusuf, Resa Sukardi Massa

Abstract


Pembelajaran olahraga di kelas masih menerapkan pembelajaran yang monoton sehingga anak mengalami kebosanan dalam latihan. Dalam bermain sepak bola biasanya anak sering menggiring bola asal-asalan terkadang hal tersebut terbawa saat pertandingan. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tau tidak implementasi metode game approach terhadap hasil belajar keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang pada setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 90 menit setiap pertemuan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di lapangan pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Barat Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 33 orang. Berdasarkan hasil analisis data secara statistik menunjukan bahwa ada peningkatan prestasi hasil belajar siswa masih tergolong kategori rendah. Dari hasil data yang didapatkan pada siklus I nilai rata-tara siswa disiklus II  72,49  dan ketuntasan di siklus I 57,57% dan pada siklus II 81,81%. Jadi hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat Peningkatan Hasil Pembelajaran menggiring Sepak Bola Melalui Implementasi metode game approach terhadap hasil belajar keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Artinya hipotesis (H1) penelitian yang menyatakan adanya peningkatkan hasil belajar.

Keywords


Menggiring; Game approach; Sepak Bola.

References


Aditya, R., & Azandi, F. (2020). Effect of Play Approach Against Learning Outcomes in Soccer Games. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 1(1), 1–7.

Aditya, R., & Nugroho, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 75–79.

Adziman, L., Arwin, A., & Syafrial, S. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola SMA NEGERI 1 Kaur. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35–39.

Amirzan, S. (2021). Pengaruh pendekatan bermain terhadap kesegaran jasmani siswa SMA Negeri 1 Sigli. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 34–46.

Azis, M. A., Mubarok, M. Z., & Mudzakir, D. O. (2020). Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Hasil Keterampilan Long Passing Pemain Sepak Bola. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 62–67.

Fadlan, M. N., & Pratama, A. T. (2019). Penerapan metode bermain untuk meningkatkan keterampilan passing dalam permainan sepak bola di sekolah dasar. 2(2), 1167–1172.

Fauzi, A. (2010). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola (Eksperimen Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermain Dan Latihan Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menggiring Bola Pada P.

Hakim, Hi. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Murid SD Negeri Kumala. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 2(1), 41–47.

Hamdi, A., Wahyudi, A. S. B. S. E., & Humaedi, H. (2019). Profil kemampuan teknik dasar sepakbola terhadap siswa SMP Negeri 2 Kasimbar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 7(1), 103–113.

Hendra, J., & Yustinar, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja melalui Media Dinding. Journal of Education Research, 1(3), 237–244.

Irawan, A. Y., & Hariadi, I. (2019). Hubungan antara kecepatan dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola. Sport Science and Health, 1(3), 222–226.

Khairuddin, K. (2017). Olahraga dalam Pandangan Islam. Jurnal Olahraga Indragiri, 1–14.

M. Sadik. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Dribble Bola Dalam Permainan Sepak Bola Dengan Metode Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas IV Dan V SDN Blumbungan 1 Pamekasan Tahun Ajaran 2015-2016.

MODAMBA, A. R. (2019). PENGARUH LATIHAN LARI ZIG-ZAG TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA BOLA BASKET PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI WIDYAKRAMA. Skripsi, 1(831415116).

Nainggolan, P. I., & Surbakti, S. (2014). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Dribbling Kaki Bagian Luar Dalam Permainan Sepak Bola Menggunakan Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Kelas X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(76).

NASUTION, A., Hudainma, A., & Yasriuddin, Y. (2018). Survei Teknik Dasar Bermain Sepakbola Pada klub SMKT Somba Opu Kabupaten Gowa.

Pratama, B. A. (2016). Meningkatkan Ketrampilan Shooting Sepakbola Dengan Permainan Modifikasi. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 48–58.

Saharullah, S., Muhammadong, M., Mappanyukki, A. A., Pirmansyah, A., & Supriman, A. (2023). Analisis Tingkat Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMA Negeri 5 Pinrang. Journal on Education, 6(1), 4460–4466.

Samsudin. (2008). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Litera.

Sari, H. P., & Asri, N. (2020). Hubungan Daya Tahan Otot Lengan Dengan Hasil Smash Pada Permainan Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler Smp Negeri 13 Palembang. SATRIA: Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 3(1), 29–34.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil belajar pendidikan jasmani dan olahraga siswa sekolah dasar: Pengaruh keterampilan motorik (tinggi) dan model pembelajaran (kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65.

Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. ATIKAN, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.33394/gjpok.v10i2.10955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Gelora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.