Pengembangan E-Module Pertumbuhan dan Perkembangan Diperkaya Informasi Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Stunting di Desa Jungkat Kabupaten Mempawah
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Afriani, N., Haris, M., Savalas, L. R. T., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengaruh Modul Elektronik Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada Materi Termokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 84-88. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.393
Alpian, Y., Sumantri, M. S., Yufiarti., & Anggraeni, S. W. (2022). The Relationship of Self-Concept and Logical Thinking Patterns with Digital Literacy Ability. Indonesian Journal of Social Research, 4(2), 63-73. https://doi.org/10.30997/ijsr.v4i2.210
Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219-230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590
Daryanto., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 91-99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348
Fadieny, N., & Fauzi, A. (2021). Validitas E-Modul Fisika Terintegrasi Materi Bencana Petir Berbasis Experiential Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 17-25. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111794
Fatkhurohman, F. (2019). Pengembangan Media E-Modul untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Kompetensi Basic Standard Tools di SMK Negeri 2 Kendal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika : Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 9(3), 102-110. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750
Gaol, T. L. (2021). Analisis Penggunaan Ejaan (Penulisan Kata) di Internet. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (pp. 88-95). Surakarta, Indonesia: Universitas Sebelas Maret
Gusrianto, R., & Rahmi, U. (2022). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar untuk Kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 173-180. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.119703
Haerani, S. A. S., Setiadi, D., & Rasmi, D. A. C. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Bebas terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 140-144. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1682
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Herawati., Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Karmal NW Kembang Kerang, 4(1), 57-69.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Janiarta, M. A., Safnowandi., & Armiani, S. (2021). Struktur Komunitas Mangrove di Pesisir Pantai Cemara Selatan Kabupaten Lombok Barat sebagai Bahan Penyusunan Modul Ekologi. Jurnal Bioma, 3(1), 60-71. https://doi.org/10.31605/bioma.v3i1.1030
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tentang Standar Alat Antropometri dan Alat Deteksi Dini Perkembangan Anak. 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kismiati, D. A. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakteristik Bakteri untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 2(3), 71-74. https://doi.org/10.51673/jips.v2i3.280
Laili, I., Ganefri., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitive Approach to Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563-575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Mazidah., Erna, M., & Anwar, L. (2020). Developing an Interactive Chemistry E-Module for Salt Hydrolysis Material to Face the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012051
McNamara, J., Sweetman, S., Connors, P., Lofgren, I., & Greene, G. (2020). Using Interactive Nutrition Modules to Increase Critical Thinking Skills in College Courses. Journal of Nutrition Education and Behavior, 52(4), 343-350. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2019.06.007
Meldrawati, M., Amri, E., & Rosba, E. (2023). Validitas E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA/MA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 263-269. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7326
Muldiyana., Ibrahim, N., & Muslim, S. (2018). Pengembangan Modul Cetak pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Watampone. JTP : Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 43-59. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.7845
Muslimin, B., Gafur, A., Azwar, M., & Yulis, D. M. (2020). Pengetahuan Ibu Balita dalam Pengendalian Stunting di Sulawesi Selatan. UNM Environmental Journals, 3(2), 60-68. https://doi.org/10.26858/uej.v3i2.15033
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155
Putra, B. P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Respon Peserta Didik terhadap Keterbacaan E-Modul Berbasis SSCS (Search, Solve, Create, Share) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Gelombang di SMA. Amplitudo : Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 2(1), 75-82. https://doi.org/10.33369/ajipf.2.1.75-82
Rahayu, A., Yulidasari, F., Putri, O. A., & Anggraini, L. (2018). Study Guide-Stunting dan Upaya Pencegahannya Bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: CV. Mine.
Ramadhani, W. P., & Mahardika, I. K. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. In Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya (pp. 85-91). Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.
Reznani, N. S. (2021). Pengaruh Teknik Online Peer Editing terhadap Kemampuan Menulis Essay Mahasiswa Manajemen pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sastranesia : Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 9(2), 28-37. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1845
Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Logika : Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 17(2), 59-66.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: CV. Alfabeta.
Supariasa, I. D. N., & Purwaningsih, H. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Balita di Kabupaten Malang. Karta Rahardja : Jurnal Pembangunan dan Inovasi, 1(2), 55-64.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 139-144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Zairinayati., & Purnama, R. (2019). Hubungan Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Stunting pada Balita. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 10(1), 78-91. https://doi.org/10.36729/bi.v10i1.805
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.9887
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia