Desain Lembar Kerja Praktikum Berbasis Masalah untuk Menunjang Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Kualitas Perairan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Agusnita., & Fitri, R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Kelas XI Semester II SMA/MA. Bioilmi : Jurnal Pendidikan, 6(1), 55-64. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i1.5019
Aisyah, R., Aisyah, F. N., & Yunita, Y. (2017). Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 116-123. https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1368
Amizera, S., Santri, D. J., Anggraini, N., & Destiansari, E. (2022). Hybrid Learning : Desain Pembelajaran Praktikum Botani Tumbuhan Berpembuluh untuk Menunjang Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 19-27. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18580
Aydin, S., Demirdogen, B., Akin, N. F., Uzuntiryaki-Kondakci, E., & Tarkin, A. (2015). The Nature and Development of Interaction Among Components of Pedagogical Content Knowledge in Practicum. Teaching and Teacher Education, 46(1), 37-50. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.10.008
Bajung, E., Ain, N., & Sholikhan. (2021). Motivasi Belajar terhadap Berpikir Kritis Melalui PBL. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(2), 113-121.
Destiansari, E., Amizera, S., Anggraini, N., & Arifin, Z. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Digital Berbantuan Virtual Laboratorium pada Materi Pencemaran Air. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 736-745. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6104
Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123-134. https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.770
Hamim, L., Fajarianingtyas, A. D., & Hidayat, N. J. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Masalah Memuat Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. LENSA (Lentera Sains) : Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 31-37. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i1.155
Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 1(2), 146-153. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537
Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156-161. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Marta, M. H. C., Suganda, O., & Widiantie, R. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Praktikum Berbasis Modified Free Inquiry (MFI) pada Konsep Animalia di Kelas X MIPA. Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i01.802
Nia, J., Irawan, B., & Nuzullah, A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Pedagogi Hayati, 3(1), 8-13. https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wahyudiana, E., Sagita, J., Iasha, V., Setiantini, A., & Setiarini, A. (2021). Modul Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Buana Pendidikan, 17(2), 161-167. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no2.a4341
Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143-168. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.27
Yanti, Y. E., Susilo, H., Amin, M., & Hastuti, U. S. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian dan Pendidikan Biologi III (IP2B III) 2019 (pp. 77-86). Surabaya, Indonesia: Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya.
Yuliana., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Efektifitas Penggunaan Laboratorium terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(5), 1-7. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3278
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9303
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia