Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Submateri Perkembangbiakan Tumbuhan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Amalida, N. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV C SDN 18 Bireuen. Jemas : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(1), 1-5.
Andesta, D. (2021). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIP : Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82-97. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Atmaningsih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Submateri Struktur dan Fungsi Tumbuhan melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang. Jupenji : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 78-88.
Bahir, F. A., Inanna., Hassan, M., Tahir, T., & Rahmatullah. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.26858/ijses.v1i1.14927
Darwan, L. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Metode Out Door pada Siswa Kelas VI SDN Dasan Baru Impres Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(1), 26-33. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i1.1014
Febriyanti, D., Sjaifuddin., & Biru, L. T. (2022). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Kecamatan Sumur Banten. Journal of Science Education, 6(1), 218-225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225
Hariawan, I. K., Santyasa, I. W., & Agustini, K. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 7(1), 42-52. https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i1.1914
Hervina, I., Elihami., Syarif, I., Masnur., & Rahmat. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar di Sekolah Dasar Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1-14.
Hidayat, T., Mawardi., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Judika : Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.35706/judika.v7i1.1798
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Submateri Sifat-sifat Cahaya melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 42-57. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.187
Kanga, L. K., Harso, A., & Ngapa, Y. S. D. (2022). Analisis Proses Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Keliwumbu. Jurnal Pendidikan, 10(2), 160-175. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.1661
Latif, M. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Submateri Tujuan dan Fungsi Al-Quran di MAN 3 Parigi. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(2), 147-153. https://doi.org/10.14421/jpm.2021.62-05
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 659-663). Karawang, Indonesia: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 273-284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808
Nurhadi., & Alfitry, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pemberian Motivasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Rumbai Pesisir. Palapa : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29-41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696
Nurma'ardi, H. D., Oktaviani, A. M., & Rokmanah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pelita Calistung, 3(2), 45-54.
Oktaviani, E. R., Zarkasih., & Vebrianto, R. (2020). Pemahaman Konsep Guru tentang Integrasi SAINS Islam pada Submateri Reproduksi pada Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 4(1), 210-220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.313
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 145-157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613
Praptiningtyas, C. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Submateri Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan melalui Model Pembelajaran Gallery Walk pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 106-112. https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.45205
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 1-16.
Sasingan, M., & Wote, A. Y. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 42-47. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40604
Siregar, A. H. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Video Industri pada Mata Kuliah Submaterial Teknik. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 94-102.
Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32-40. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.32-40
Sulastri., Imran., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.
Sumedi. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Submateri Perkembangbiakan pada Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif dan Media Gambar pada Peserta didik Kelas IX B SMPN 2 Kumai Tahun Pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 22(1), 31-35. https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.3236
Susanti, N. K. E., Asrin., & Khair, B. N. (2021). ). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317
Yanti, F., Idrus, I., & Irawati, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Proses Dasar Siswa melalui Discovery Learning Kelas VII2 SMPN 8 Kota Bengkulu. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 240-249. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.240-249
Yusuf, Y., Arnentis., & Erika, T. (2008). Analisis Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Semester 1 SMA Negeri Kampar Tahun Pelajaran 2006/2007. Jurnal Pilar Sains, 7(1), 45-51.
Zainabun. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Submateri Bioteknologi Pangan pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Darul Falah. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(8), 1526-1537.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9038
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia