Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pangan Tradisional Nusa Tenggara Timur
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Afiqoh, N., Atmaja, H. T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 40-50.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. In Conference: Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pp. 1-11). Medan, Indonesia: Universitas Sumatera Utara.
Hamidi, A. (2018). Analisis Tekstual Teks Biografi dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Naratif. Unika Atma Jaya, 1(1), 34-38.
Kamuihkar, N., Silalahi, M., & Mamangkey, J. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berpikir Kritis pada Materi Khusus Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA SMA 1 Cawang Baru. Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33323/indigenous.v6i1.361
Leksono, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Mini Riset Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Penguasaan Materi Biologi Konservasi. In Proceeding Biology Education Conference (pp. 575-578). Surakarta, Indonesia: Universitas Sebelas Maret.
Maksum, H., & Purwanto, W. (2022). The Development of Electronic Teaching Module for Implementation of Project-Based Learning during the Pandemic. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 293-307. https://doi.org/10.46328/ijemst.2247
Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata, D. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i1.8137
Panjaitan, C. (2014). Analisa Minat Belajar Biologi pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(1), 1-9.
Rahmadhani, F., Armen, A., Darussyamsu, R., Fadilah, M., & Putri, D. H. (2019). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Emotional Spiritual Quotient pada Topik Evolusi untuk SMA. Scientiae Educatia : Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 166-179. http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i2.2525
Sawitri, A. M., Subchan, W., & Asyiah, I. N. (2017). Respon Siswa terhadap Penggunaan Modul Mnemonik dengan Metode RWP (Reading-Writing-Presentation) dalam Pembelajaran Biologi di SMK Analis Kesehatan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 1-8.
Sawitri, D. W., Wisanti., & Ambarwati, R. (2014). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 410-415.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Cetakan ke-24. Bandung: CV. Alfabeta.
Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147-156. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156
Wardianti, Y., & Jayati, R. D. (2018). Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal. Bioedusains : Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(2), 136-142. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.366
Wati, D. D. E., & Dewi, R. K. (2018). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Mind Map dengan Variasi Tebak Kata untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(2), 149-154. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/197
Wijayanti, T. F., Prayitno, B. A., & Sunarto. (2016). Argument Mapping pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Inkuiri : Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 105-111. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i1.9516
Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat). JP2SD : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 6(1), 21-26. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5899
Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman Melalui Pendekatan Kontekstual di Provinsi Riau. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 104-118. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8370
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia