Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyanti. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar : Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 33-45. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i1.33-45
Hanafiah, A. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hartati., Azmin, N., Nasir, M., & Andang. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795-5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13301
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lianti, Y., & Zuhra, F. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Perpindahan Kalor melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. JUPENDAS : Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 20-25.
Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary : Islamic Teacher Journal, 4(1), 167-187. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047
Munir., Agusta, E., & Arisandy, B. D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA PGRI Prabumulih. BIOILMU : Jurnal Pendidikan, 3(2), 109-123. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1403
Rustaman, N. (2007). Keterampilan Proses Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Saputri, K., Muslim, M., & Murniati. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan Siswa pada Pembelajaran Fisika di Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3427
Sariani., Anas, M., & Sukariasih, L. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Materi Pokok Momentum dan Impuls melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah bagi Peserta Didik SMAN 2 Mawasangka Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 100-108. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i1.11004
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. JPPIPA : Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Persada.
Wahyudi, A., Marjono., & Harlita. (2015). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 5-11. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v4i1.5350
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.8034
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia