Pengaruh Problem Based Writing with Peer Review (PW-PR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Ahmad, F., Sukarmin, dan Aminah, N.S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Dinamik Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 4(2), 76-86.
Arikunto, S. (2013). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muspita, Z., Lasmawan, I.W., dan Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 3(1), 1-8.
Parasamya, C.E., dan Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 42-49.
Santana, R. (2016). Pengembangan LKS Biologi Berbasis POE (Predict Observe Explain) pada Materi Kingdom Animalia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. IKIP Mataram.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taqyuddin, I., and Kusmana. (2020). Problem-based Writing with Peer Review (Pw-Pr) Learning Model in Environmental Management: A Best Practice at Al-Lathifah Islamic Boarding School. In Proceedings of The 1st International Conference on Recent Innovations (ICRI 2018) (pp. 2508-2515). Jakarta, Indonesia: Asosiasi Dosen Indonesia.
Yulianti, E., dan Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399-408.
Yuliati, D.I., Yulianti, D., dan Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 23-27.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i1.3746
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia