Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Haerullah, A. (2012). Potensi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) Dipadu Think Pair Share (TPS) dalam Upaya Memberdayakan Keterampilan Metakognisi Siswa Multi Etnis di SD Kota Ternate. Jurnal Bionature, 13(1), 10-17.
Hutauruk, D. S., Maulina, I., & Manik, Y. M. (2018). Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA Negeri 5 Medan. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 33-40.
Idhar, A., Haerullah, A., & Roini, C. (2019). Pengaruh Perpaduan Model Think Pair Share (TPS) dan Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Edukasi, 17(1), 74-84.
Irvan, Nurdiansyah, F., & Hayati, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Fungsi Distribusi dengan Menggunakan Model Desain Dick and Carey pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2015 (pp. 187-193). Medan, Indonesia: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Lestari, N., Sudarisman, S., & Sugiyarto, S. (2014). Pengembangan LKM Model PBL Berbasis Potensi Lokal pada Mata Kuliah Bioteknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kupang. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 18-22.
Listiani, I. (2018). Efektivitas Lembar Kerja untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 17-26.
Mairing, J. P., & Lorida, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah dan Proyek pada Mata Kuliah Analisis Data. Jurnal Pendidikan, 14(2), 53-61.
Ni'mah, S. (2016). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Lentera : Jurnal Pendidikan, 11(2), 70-79.
Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan bagi Mahasiswa Calon Guru SD. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 228-240.
Poerwanti, E. (2014). Perencanaan Pembelajaran Praktikum. UMM: Tim AA-Pekerti.
Ristanto, R. H. (2011). Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Riil terhadap Prestasi Belajar. Educatio, 6(1), 53-68.
Safnowandi & Efendi, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Masalah Berbantuan Concept Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Madrasah Tsanawiyah. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 45-54.
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Natural : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20-33.
Setiawan, D. C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) Dipadu Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Kemampuan Metakognitif Biologi Siswa SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (pp. 195-201). Malang, Indonesia: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Tim Penyusun. (2014). Buku Pedoman Akademik Program Studi Pendidikan Biologi. Mataram: Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP Mataram.
Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pemberdayaan Berpikir untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 14(3), 275-284.
______. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 40-44.
Utami, S. D., Efendi, I., Dewi, I. N., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 240-247.
Utami, S. D., Jamaluddin, & Sridana, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pemberdayaan Berpikir terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 2(1), 12-18.
Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13(1), 39-49.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i2.3165
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia