Kualitas Peer Assessment sebagai Assessment Formatif
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Adawiyah, S. R. (2013). Melatihkan Keterampilan Sosial Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT yang Mengintegrasikan Peer Assessment. Seminar Nasional IPA IV (pp. 219-225). Semarang, Indonesia: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Alzaid, M. J. (2017). The Effect of Peer Assessment on the Evaluation Process of Students. International Education Studies, 10(6), 159-169.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2018). Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Indasari, N. L., Purwati, O., & Anam, S. (2019). The Impact of Peer Assessment on Students Recount Text. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 5(2), 221-238.
Nurhardini, R. (2017). Pengaruh Self dan Peer Assessment pada Materi Ekosistem terhadap Berpikir Aplikatif dan Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 69-76.
Rahmawati, I., Hartono, & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Kemampuan Self Regulation Siswa pada Tema Suhu dan Perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2), 842-850.
Siswaningsih, W., Dwiyanti, G., & Gumilar, C. (2013). Penerapan Peer Assessment dan Self Assessment pada Tes Formatif Hidrokarbon untuk Feedback Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 107-115.
Speyer, R., Pilz, W., Kruis, J. V. D., & Brunings, J. W. (2011). Reliability and Validity of Student Peer Assessment in Medical Education: A Systematic Review. Medical Education, 33(11), 572-585.
Sudiarman, Soegimin, W. W., & Susantini, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Topik Suhu dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 4(2), 658-671.
Sumarti, S. S., Harjito, & Purwinarko, A. (2015). Design A Project Based Learning and Authentic Assessment Management System. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2015) (pp. 29-36). Semarang, Indonesia.
Syahrul. (2015). Analisis Konsistensi dan Validitas Asesmen Teman Sejawat oleh Mahasiswa dan Asesmen Unjuk Kerja oleh Dosen dalam Pembelajaran Praktikum pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Mekom, 2(1), 73-87.
Wijayanti, T., Sukestiyarno, & Masrukhi. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran (Implementasi Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Demokratis pada Materi Sistem Politik Indonesia dengan Metode Pembelajaran Role Playing Berbasis Konservasi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 3(2), 30-37.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v8i2.3159
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia