Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baderan, D. W. K., Hamidun, M. S., Jusna, H., Kandowangko, N. Y., Dama, L., Ibrahim, M., & Husain, I. H. (2020). Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem Hutan Dengan Kearifan Lokal Tumba Tamaila Utara Kabupaten Gorontalo. Gorontalo: Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo.
Bhattacharya, D., & Mohalik, R. (2021). Factors Influencing Students ’ Higher Order Thinking Skills Development. Education India Journal : A Quarterly Refereed Journal of Dialogues on Education, 10(1), 349–361.
Damayanti, R., Yudha, E. K., & Dewi, R. S. (2023). Metakognisi sebagai Alat Kesadaran dalam Menerapkan HOTS di Proses dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 135–146.
Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30–39.
Ermin. (2021). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 56–60. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.25
Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 8–19). Universitas Ahmad Dahlan.
Nurhikmah, M., Yarza, H. N., Setyaningsih, M., Annisa, R., Akbar, B., & Anugrah, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinngi Siswa Terkait Pembelajaran Biologi Materi Sel. Jurnal Bionatural, 10(2), 6–11. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.506
Oemanu, J. B. A., Ali, U., W, A., Syahputra, & Lopis, Y. S. (2023). Kontribusi Pengetahuan Metakognitif Dan Regulasi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa IAKN Kupang. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 258–267. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.927
Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. (2019). Psikologi Pendidikan: Pembelajar yang Berkembang. (H. M. W. Hardani, Ed.) (X). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rampean, B. A. ., & Rohaeti, E. (2025). The Development and Validation of an Instrument to Measure Higher Order Thinking Skills. Journal of Turkish Science Education, 11(1), 48–62. https://doi.org/10.36681/tused.2025.004
Salsabila, A., Rahmat, A., & Hamdiyati, Y. (2024). Improving Students’ Metacognitive and Self-Efficacy in Learning Biology through Reducing Academic Stress and Cognitive Anxiety using IBSR Technique. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 404–429. https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i2.33297
Sari, D. P., & Alberida, H. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik di SMAN 7 Padang pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2), 85–94. https://doi.org/10.14341/conf7-8.09.22-98-99
Sari, I. H. K., Asih, I. S., Khoirunnisa, L., Tamherwarin, H. R. J., & Rizkiani, Z. B. (2023). Pemahaman Peta Konsep dan Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X Semester 2 pada Materi Keanekaragaman Hayati. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 152–159. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1365
Suharyani, L. A., Nugroho, A. S., & Dewi, E. R. S. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Lingkungan berbasis Strategi Metakognitif. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.30
Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biodik, 7(3), 105–113. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.14386
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: Penerbit Adab. Retrieved from http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf
Winarti, & Istiyono, E. (2020). Taksonomi Hingher Order Thinking Skill (I). Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v13i2.16211
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia